Bhakti Karya Nusantara, Gajah Mada Award Ke-3

  • 03 Maret 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 5151 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com – Gajah Mada Award atau penghargaan Gajah Mada ke-3 akan dilangsungkan pada hari Sabtu (5/3) di Puri Ageng Blahbatuh. Penghargaan akan diberikan kepada tokoh-tokoh yang berjasa di berbagai bidang dan memiliki spirit Gajah Mada mempersatukan nusantara dan mengharumkan nama bangsa.

Tokoh Puri Ageng Blahbatuh, AA. Ngurah Kakarsana didampingi paiketan penglingsir puri se-Bali saat ditemui awak media Rabu (2/3) mengatakan, Gajah Mada Award ke-3 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena penghargaan kali ini akan diberikan secara besar-besaran kepada puluhan tokoh dari berbagai profesi yang berjasa di bidangnya baik dalam pemerintahan maupun sektor swasta. Sesuai dengan kesepakatan dengan para penglingsir puri-puri yang ada di Bali, penghargaan ini mengacu pada spirit Mahapatih Gajah Mada yang berjuang pada jamannya untuk mempersatukan nusantara tidak hanya Indonesia tetapi juga sampai ke Madagaskar. “Untuk itu acara penghargaan kali ini diberi nama Bhakti Karya Nusantara, karena penghargaan tidak bersifat lokal tetapi bisa digaungkan ke seluruh nusantara bahkan sampai ke dunia” ujar AA. Ngurah Kakarsana yang bertindak sebagai ketua panitia acara.

Sebanyak 21 penghargaan berupa replica patung Gajah Mada dalam berbagai ekspresi akan diberikan kepada tokoh yang berjasa dan memiliki karakter seperti yang terekspresikan oleh patung tersebut. Sebelum pemberian penghargaan, Topeng Gajah Mada yang disakralkan dan berada di Puri Ageng Blahbatuh akan dibuka dihadapan tokoh-tokoh yang nantinya akan menerima penghargaan. “Ada 21 patung replika Patih Gajah Mada dalam berbagai macam ekspresi, nantinya patung-patung tersebut akan diberikan kepada orang yang memiliki ekspresi yang sama dengan patung Gajah Mada yang dibuat dan diukir dengan tangan” tambah penglingsir Puri Ageng Blahbatuh ini.

Menurut penglingsir Puri Agung Klungkung, Ida Dalem Semara Putra, melalui Bhakti Karya Nusantara, tokoh-tokoh yang diberikan penghargaan merupakan contoh orang yang di jaman sekarang memiliki spirit Gajah Mada. Dimana keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia tidak menjadi sebuah perbedaan tetapi bisa disatukan dalam ke-Bhinnekaan. “Melalui Karya Bhakti Nusantara kami mencoba menggaungkan pesan kepada masyarakat dan mencoba mempersatukan NKRI sesuai dengan asas Bhinneka Tunggal Ika,” paparnya. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER