Dibuka Wabup, Sekehe Banjar Anyar Pukau Penonton

  • 03 Juli 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2153 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com– Ada yang berbeda dari suasana kawasan Tanah Lot Kediri dalam tiga hari ini. Pasalnya pihak manajemen menggelar Festival beleganjur yang diikuti oleh 23 sekehe se Kecamatan Kediri yang berlangsung tiga hari yakni Jumat, (3/7) hingga Minggu (5/7) mendatang. Dalam pembukaan festival oleh Wakil Bupati Tabanan I K Gede Sanjayaribuan pengunjung baik domestik maupun mancanegara membludak menyaksikan penampilan sekehe beleganjur, Jumat ( 3/7)

Saat membuka festival yang ditandai dengan pemukulan gong, Wabup Sanjaya memberikan apresiasi positif atas digelarnya festival baleganjur tersebut. “Ajang ini merupakan salah satu pelestarian seni dan budaya sekaligus menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Tanah Lot,” ucapnya. Pihaknya berharap agar, tim juri yang bertugas benar –benar objektif sehingga hasil dari festival ini dapat diterima semua pihak.

Sementara ketua panitia, I Ketut Toya Adnyana yang juga manajer Tanah lo menegaskan,  tujuan digelarnya festival baleganjur tidak lain untuk menggali potensi generasi muda yang memiliki bakat di bidang seni tabuh. “Disamping itu tujuan festival  baleganjur juga untuk memberikan nuansa baru kepada wisatawan yang berkunjung ke DTW Tanah Lot,”terangnya. Pihaknya berharap festival ini mampu mempromosikan tanah lot ke dunia internasional. “Festival ini juga membawa misi melestarikan budaya bali khususnya seni tabuh,” tandasnya.

Sementara itu pada hari pertama, ditampilkan 11 seka baleganjur dari 23 seka baleganjur yang akan beradu kreasi.  Dari 11 beleganjur yang tampil seka baleganjur dari Desa Pakraman Banjar Anyar, Kediri mampu memukau penonton. Pasalnya seke yang mengusung thema satieng wakia, dari cerita pelampiasan dendam Bima kepada Duryodana dalam  Efos Mahabarata. Menampilkan olah tabuh dan gerak dengan sempurna. Bendesa Adat Banjar Anyar, I Made Raka yang mendampingi sekehenya mengatakan untuk menampilkan pementasan sarat makna itu pihaknya menggelar latihan satu setengah bulan penuh dibawah bimbingan pelatih. “Anak-anak kami latihan setiap malam,” ucapnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER