Bali Jangan Dimabuk Julukan

  • 27 Juni 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 3000 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - Bali, dengan kekhasan seni dan budaya serta keindahan alamnya, mendapatkan begitu banyak julukan. Seperti Pulau Dewata, Pulau Seribu Pura, The Island of God, Paradise Island, dan sederet julukan lainnya.


Terhadap berbagai julukan ini, Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta kepada seluruh masyarakatnya, agar tak terlena dengan berbagai predikat tersebut. Masyarakat Pulau Dewata juga diingatkannya agar tak mabuk dengan berbagai julukan yang disematkan untuk Bali.

"Jangan terlena dengan julukan yang diberikan kepada Bali. Julukan tidak seharusnya membuat kita mabuk," ujarnya, saat memberikan sambutan dalam agenda rutin Simakrama Gubernur Bali di Wantilan DPRD Bali, Sabtu (27/6).   

Gubernur Pastika mengingatkan masyarakat, bahkan di depan mata era globalisasi sudah menanti. Masyarakat pun diharapkan untuk siap menghadapi guncangan dan perubahan yang begitu cepat di era terbuka itu.

"Ingat, globalisasi menyebabkan bumi semakin mengkerut dan seperti tanpa batas lagi," ucap mantan Kapolda Bali itu.

"Suka atau tidak suka, kita akan menghadapi era globalisasi atau kesejagatan, di mana seolah-olah tidak ada batas antar bangsa dan antar negara,” imbuh Gubernur Pastika.

Terhadap tantangan besar itu, Gubernur Pastika menghimbau agar masyarakat Bali tidak terlena. Masyarakat diingatkan tak puas berada dalam zona nyaman, serta tidak terlalu lama bermimpi.

"Masyarakat harus berani mengambil aksi nyata dalam pembangunan Bali di masa yang akan datang. Jangan terlena. Jangan puas di zona nyaman dan jangan terlalu banyak bermimpi," pintanya.

Tidak saja terhadap perubahan di era global, Gubernur Pastika juga mengingatkan perubahan iklim yang terjadi akhir-akhir ini. Ia juga menyadarkan masyarakat, agar siap menyikapi setiap guncangan.

Ia lalu memaparkan soal suhu di Pakistan yang tinggi dan banjir di India. Menurut Gubernur Pastika, itu merupakan salah satu contoh peristiwa yang disebabkan oleh perubahan iklim (climate change).

"Untuk itu saya minta agar kita semua selalu mewaspadai semua perubahan yang ada dan terus menerus belajar guna mencapai kesejahteraan yang lebih baik," pungkas Gubernur Pastika. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER