Rawan Penyimpangan, Dewan Bangli Kawal PPDB

  • 17 Juni 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 2994 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com– Perburuan para siswa untuk mendapatkan sekolah-sekolah pavorit selalu mewarnai saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Kondisi ini, tak pelak menyebabkan indikasi kerawanan adanya penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan PPDB. Dari tiga jalur yang bisa ditempuh untuk mendapatkan sekolah pavorit, jalur prestasi yang paling rawan terjadin penyimpangan dan rekayasa. Sementara jalur lainnya, yakni jalur KK miskin dan Nem (hasil UN).

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi kalangan anggota dewan Bangli.  Salah satunya I Nyoman Gelgel Wisnawa. Dia  mengaku akan memberikan perhatian penuh terhadap PPDB di Bangli. Dia sangat  menyayangkan kalau ada tindakan orang tua siswa yang sampai menghalalkan berbagai cara agar anaknya bisa masuk di sekolah negeri pavorit. “Para orang tua jangan memaksakan kehendak agar anaknya bisa bersekolah di sekolah pavorit apalagi sampai melakukan pemalsuan. Bila ini terjadi, selain merugikan anak didik itu sendiri, juga bisa merugikan siswa lain yang memang berprestasi,”kata Gelgel, Rabu (17/6/2015).

Ketua DPK PKPI Bangli ini menghimbau agar sekolah negeri  di Bangli selektif dalam menerima siswa dari jalur prestasi. Sekolah agar melakukan pengecekan terhadap piagam yang dilampirkan siswa. Bila perlu melakukan konfirmasi ulang ke intansi yang mengeluarkan piagam. “Dalam hal ini kehatian-hatian sekolah sangat diperlukan. Jangan biarkan hal-hal yang kurang terpuji lolos,”pintanya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga  I Nyoman Sedana saat dikonfirmasi terpisah, mengatakan pihaknya akan berupaya maksimal agar  PPDB di Bangli bersih dan bebas dari rekayasa. “Kita berharap agar persoalan seperti itu tidak terjadi di Bangli,”harapnya. Lebih lanjut, disinggung pelaksanaan PPDB di Bangli, jelas dia, untuk tingkat SD pendaftaran dimulai 18-20 Juni, pengumuman penerimaan tanggal 22 Juni. Tingkat SMP pendaftaran mulai tanggal 26-29 Juni, perengkingan tanggal 2-3 Jul, kemudian dilanjutkan pengumuman tanggal 4 Juli. Sedangkan untuk SMA/SMK pendaftaran 22-25 Juni, perengkingan  26-27 Juni. Untuk pengumuman 30 Juni sementara pendaftaran kembali 1-4 Juli. ard

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER