Rekanan Kibuli Bupati, Pasca Sidak, Baru Pasang Papan Proyek

  • 02 Juni 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 5239 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com– Dugaan sikap main-main sejumlah rekanan dalam mengerjakan proyek di Bangli, terbukti mulai mendekati kebenaran. Buktinya, jika selama ini banyak pengerjaan proyek tanpa memasang papan pengumuman proyek. Padahal, hal ini merupakan salah satu ketentuan. Dimana, papan tersebut hanya mencantumkan nilai kontrak dan masa pengerjaan termasuk rekanan yang mengerjakan agar pengerjaannya menjadi transparan.

Hanya saja, belakangan pasca sidak Bupati para rekanan nakal tersebut baru mulai ramai-ramai memasang papan proyek. Kondisi ini terjadi, akibat kurangnya pengawasan oleh intansi terkait. Disamping itu, Bupati Bangli juga relatif jarang menggelar sidak proyek fisik. Baru diakhir masa jabatannya Bupati Bangli Made Gianyar mengelar inspeksi ke sejumlah proyek yang ada, dengan memulainya di Kecamatan Tembuku.

Imbasnya terbukti ampuh, rekanan yang selama ini enggan memasang papan proyek, kini ramai-ramai memasang papan pengumuman tersebut. Pantauan di lapangan, Selasa (02/06/2015), selama ini penggarapan proyek fisik yang didanai melalui APBD telah mulai dikerjakan. Seperti halnya, pelaksanaan pembuatan senderan di wilayah Selat Peken. Dari beberapa kali diamati di lokasi, proyek telah dikerjakan beberapa minggu lalu, namun tidak ada papan proyek. Awalnya dikira proyek swadaya. Namun begitu Bupati Bangli menggelar sidak proyek, rekanan penggarap baru memasang papan proyek.

Hal serupa juga terlihat dalam pembuatan drainase di wilayah Kawan Bangli, tepatnya di sebelah kuburan Umum. Dimana, pihak rekanan baru beberapa hari ini memasang papan proyek, padahal pengerjaan telah berjalan sejak lama. Hal ini tentu mengundang kecurigaan warga. “Hal-hal yang sepele itu tidak dilakukan rekanan. Apalagi hal penting termasuk kualitas tentu akan bisa dipermainkan,” ujar Nyoman Obiyana, warga Bangli. Karena itu, pihaknya meminta agar instansi terkait lebih rajin turun untun melakukan pengawasan.  

Sementara Kadis PU Bangli IB. Wediatmika belum bisa dikonfirmasi terkait pengawasan pelakanaan proyek di Kabupaten Bangli. Termasuk jarangnya rekanan yang memasang papan proyek. Dikonfirmasi via, SMS yang bersangkutan juga belum memberikan jawaban. ard


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER