20 Ribu Benih Ikan Ditebar Di Danau Batur

  • 30 April 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 4584 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com– Guna melestarikan ekosisten ikan di Danau Batur, Kintamani Bangli, serangkaian peringatan HUT Kota Bangli ke-811, Pemerintah Kabupaten Bangli yang dipimpin Asisten II Setda Kabupaten Bangli A.A. Alit Darmawan, Kamis (30/4/2015) melepas sedikitnya 20 ribu benih ikan jenis nila. Acara yang dipusatkan di Pura Ulun Danu Batur Songan, juga dihadiri oleh Kepala BLH Prov Bali Drs. Gede Suarjana, M.Si, Ketua DPRD Kab Bangli Ngakan Kutha Parwata, Forkompinda Kabupaten Bangli, pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Bangli, unsur TNI/POLRI, masyarakat serta siswa SD,SMP dan SMK dilingkungan Desa Songan Kintamani.

 Asisten II Setda Kabupaten Bangli A.A. Alit Darmawan kesempatan itu mengatakan, penebaran 20.000 benih ikan tersebut selain untuk menambah populasi ikan di Danau Batur, juga dalam upaya meningkatkan produksi ikan sejalan dengan meningkatnya konsumsi ikan oleh masyarakat. “Saat ini permintaan konsumen terhadap ikan hasil tangkapan di danau batur terus mengalami peningkatan, sehingga kita berupaya untuk membantu nelayan”ungkapnya.

Dikatakan juga, masalah penyediaan benih ikan nila maupun jenis ikan lainya, saat ini masih sering dikeluhkan petani ikan di Danau Batur. Mereka tidak hanya harus mendatangkan benih ikan dari luar daerah, namun banyak diantara mereka yang mendatangkan benih ikan dari luar Bali. Oleh sebab itu, Pemkab Bangli terus berupaya untuk membantu petani ikan dengan menebar benih ikan di Danau Batur.  Selain itu, penebaran benih ikan tersebut  dimaksudkan untuk meningkatkan potensi yang dimiliki Danau Batur sehingga benar-benar memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat pesisir dan sekitarnya. “Mudah-mudahan dalam waktu beberapa bulan kedepan, ikan-ikan yang baru dilepas tumbuh besar dan berkembang biak,  sehingga bisa segera di panen oleh masyarakat”Harapnya.

Lebih lanjut Alit Darmawan menjelaskan, selain penebaran benih ikan, pihaknya dibantu unsur PNS, TNI, Polri, masyarakat dan siswa juga menggelar gerakan kebersihan bersama memungut sampah plastik di sekitar danau batur serta membersihkan eceng gondok yang mulai banyak menutupi permukaan danau Batur. ard

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER