Tebar Ikan Peringati Hari Kartini

  • 21 April 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3762 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com  - Memperingati Hari Kartini 2015, Persekutuan Wanita Dian Kristawati GKP (Gereja Kristen Protestan) Bali wilayah Tabanan melakukan penebaran benih ikan nila 15.000ekor di Embung Telaga Tunjung, Desa Timpag, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Selasa (21/4).


Ketua Panitia Manik Christ dalam sambutannya mengungkapkan ada beberapa program Dian Kristawati, di antaranya adalah "Go Green Movement"yakni gerakan untuk melestarikan lingkungan alam. Program ini di antaranya  dilaksanakan melalui penebaran benih ikan untuk melestarikan lingkungan sumber daya perairan. "Kami telah melakukan empat kali penebaran benih ikan selama empat tahun terakhir ini," katanya.

Disebutkan, empat lokasi penebaran benih ikan tersebut masing-masing berada di Danau Beratan Bedugul Kecamatan Baturiti, di sungai Belulang, Desa Mengesta Kecamatan Penebel dan sungai Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat serta di Embung Telaga Tunjung, Desa Timpag,  Kecamatan Kerambitan. "Program yang kami lakukan disesuiakan dengan kebutuhan dan potensi yang ada sehingga keterlibatan anggota dan masyarakat bias lebih dioptimalkan," ujarnya.

Menurut Manik Christ, pertimbangan memilih komoditas ikan dengan harapan bisa meningkatkan tingkat konsumsi ikan di masyarakat karena ikan memiliki nilai gizi yang tinggi dan lengkap. "Selain menyehatkan dan meningkatkan kecerdasan, makan ikan ternyata juga bias mengatasi depresi atau kecemasan," katanya.

Terkait hal itu, Manik Christ berharap warga di sekitar Bendungan Telaga Tunjung bisa berpartisipasi aktif menjaga lingkungan bendungan."Dengan demikian  ikan nila sejumlah 15 ribu ekor yang kami tebarkan bisa tumbuh dan berkembang-biak dengan baik sehingga ke depan bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat," paparnya.

Sementara itu, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Tabanan, Ir. IGN Triana mengungkapkan apresiasinya karena kegiatan yang dilakukan Dian Kristawati ini  bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat. "Program penebaran benih ikan yang dilakukan Dian Kristawati ini perlu mendapat dukungan karena merupakan kegiatan positif dan sejalan dengan visi, misi dan program Pemkab Tabanan," katanya.

Menurut Bupati Tabanan, salah satu misi Pemkab Tabanan yakni memperkuat ekonomi kerakyatan masyarakat Tabanan berbasis sumber daya alam dan kelestarian hidup. "Atau misi Tabanan kreatif, hijau dan lestari 2015 serta misi memperkuat Tabanan sebagai lumbung pangan Bali atau Tabanan lumbung pangan 2015," paparnya.

Bupati menambahkan, sumberdaya alam sebagai bagian dari lingkungan hidup membutuhkan perhatian yang lebih serius dalam kerangka perubahan iklim dengan tetap mengacu pada prinsip hijau dan lestari. Sementara itu, kecukupan pangan tidak hanya tergantung pada ketersediaan beras saja, namun juga harus didukung ketersediaan pangan utama lainnya di antaranya adalah komoditas perikanan.

Terkait hal itu, Bupati Tabanan menyatakan dukungannya terhadap program penebaran ikan yang dilakukan Dian Kristawati wilayah Tabanan. Bupati juga berharap program ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan di Tabanan ." Ke depan kami berharap selain sebagai lumbung beras, Tabanan juga bisa menjadi lumbung ikan di Bali," katanya berharap. Gus/ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER