Dewan Jembrana Fokus ke Ranperda LKPJ

  • 17 April 2015
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 2041 Pengunjung

Jembrana, suaradewata.com -Menyikapi sejumlah rancangan peraturan daerah (Ranperda), DPRD Jembrana membentuk Panitia Khusus (Pansus). Salah satunya terkait Pansus Ranperda Lahan Pertanian Berkelanjutan yang saat ini menjadi sorotan masyarakat.  Dalam rapat paripurna DPRD, belum lama ini, disepakati dibentuk tiga pansus yang mengawal masing-masing dua ranperda.

Ketua DPRD Jembrana, I Ketut Sugiasa, Jumat (17/8) kemarin mengatakan tiga pansus ini untuk menindaklanjuti enam ranperda yang diantaranya merupakan inisiatif DPRD. Pansus A menindaklanjuti LKPJ (Laporan Pertanggungjawaban) Bupati dan Lahan Pertanian Berkelanjutan. Namun, menurutnya DPRD akan fokus pada Ranperda terkait LKPJ Bupati yang menurutnya dikejar waktu. “Kita fokus pada (ranperda) LKPJ dulu, selanjutnya lima ranperda lainnya digenjot di masing-masing Pansus,” terang Sugiasa.

Selain Ranperda LKPJ Bupati dan Lahan Pertanian Berkelanjutan, sejumlah ranperda lain yang diantaranya penyesuaian dengan aturan diatasnya seperti Ranperda Retribusi dan Ranperda Kependudukan juga akan ditindaklanjuti. Sugiasa menambahkan dengan dibentuknya pansus, maka masing-masing sudah seharusnya segera menyesuaikan fokus pembahasan terkait Ranperda yang menjadi perhatian pansus tersebut.

Misalnya  melakukan koordinasi dengan Kementerian ataupun mencari daerah pembanding yang telah menerapkan ranperda tersebut. “Pansus lebih fokus pada bidang ranperda yang ditangani itu,” tambahnya. Hingga saat ini, pembahasan Ranperda Lahan Pertanian Berkelanjutan masih sebatas rapat koordinasi dengan SKPD yang terkait. Sejumlah kendala yang dipaparkan beberapa SKPD menjadi alasan ranperda ini harus dibahas secara cermat. dem


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER