Pujawali Pura Pesimpangan Besakih, Bupati Artha Serahkan Busana Pemangku

  • 29 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 4376 Pengunjung

Jembrana, suaradewata.com - Pura Pesimpangan Besakih Kabupaten Karangasem yang merupakan salah satu pekideh Besakih yakni, sebagai tempat pesimpangan betara kabeh saat melasti menjelang karya betara turun kabeh,  menggelar upacara piodalan, Seperti yang digelar pada, Selasa(27/2).

Bupati I Putu Artha yang didampingi istri Ny. Ari Sugianti Artha, Sekda Gde Gunadnya serta para pimpinan SKP, selain menyaksikan jalannya prosesi upacara juga secara khusuk melakukan persembahyang bersama. Tidak itu saja, usai persembanhyangan, selain natab peras juga langsung menyerahkan 2(dua set) busana pemangku istri yakni, pemangku istri untuk pura Manik Mas dan pemangku istri pura Pesimpangan yang notabena kedua pura itu Pemkab. Jembrana selaku pengemponnya.

Ketua panitia,  Gst Ngurah Mangku Astika mengatakan, piodalan di pura Pesimpangan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Untuk pujawali saat ini dipuput Ida Sulinggih dari Grya TamanSangkan Gunung. “Ini kita laksanakan setiap Anggarakasih Julungwangi, saat melasti menjelang karya betara turun kabeh, üngkapnya.

Terkait upakara, kata Astika, dilaksanakan dengan upakara suci soroh, bebangkit, pulagembal dengan upacara pecaruan mancasata. “Seluruh prosesi karya ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Manu Simaraga dari Grya Taman Sangkan Gunung Kabupaten Karangasem,”pungkasnya.dep


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER