Tabanan Kecipratan Tiga Bus

  • 25 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2859 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Suksesnya program trans serasi yang digawangi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) ternyata sampai ke pusat. Guna mendukung program tersebut Kementerian Perhubungan RI memberikan bantuan tiga unit bus kepada pemkab Tabanan.

Kepala Dishubkominfo Tabanan I Made Agus Harta Wighuna, pada 2015 lalu layanan Trans Serasi hanya dilayani oleh 70 unit angkot dengan kapasitas pelajar yang terlayani sebanyak 10 orang per satu angkot atau 700 orang untuk satu round trip. “Saat ini estimasi pelajar SMP di Kota Tabanan sebanyak empat ribu orang. Karena dalam sehari para pelajar ada yang masuk pagi dan siang sehingga ada dua round trip. Jadi dengan jumlah 70 angkot tersebut hanya mampu melayani 1.400 orang,” jelas Agus.

Di tahun ini, jumlah angkot yang melayani Trans Serasi pertebal lagi dengan menambah sepuluh unit angkot lagi. Sehingga, ada tambahan kapasitas yang mampu melayani pelajar SMP sebanyak 1.600 orang per hari.   Kapasitas yang terlayani oleh angkot tersebut akan diperkuat lagi dengan adanya tiga unit bus yang satu unitnya memiliki kapasitas penumpang sebanyak 27 siswa. Sehingga, dalam seharinya jumlah pelajar yang terlayani sebanyak 162 orang. “Total jumlah siswa yang terlayani dalam seharinya mencapai 1.762 orang,” imbuhnya.

Meski bantuan tiga unit bus tersebut telah diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan RI Ignatius Johan kepada Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada pada Kamis (21/1) lalu, pengoperasiannya baru bisa terlaksana pada April 2016 mendatang.“Ada tahapan-tahapan yang mesti dilalui sebelum ketiga bus itu dioperasionalkan. Mulai dari mengurus administrasinya seperti TNBK sampai dengan pembelian jasa layanan operator melalui proses lelang,” tandasnya.

Untuk mendukung operasional ketiga bus tersebut, Pemkab Tabanan telah menyiapkan dana pendamping sebesar Rp 900 juta. Dari jumlah dana tersebut, khusus untuk dana operasionalnya sebesar Rp 850 juta. Sisanya, untuk mengurus administrasi ketiga bus mulai dari ekspedisi atau pengirimannya sampai dengan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER