Diterjang Air Hujan, Trotoar Rusak

  • 25 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 2178 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com – Hujan deras yang mengguyur Bangli sejak beberapa hari terakhir telah menyebabkan berbagai kerusakan fasilitas umum. Salah satunya, terjadi di depan BPD Cabang Bangli, yang berlokasi di Jalan Nusantara. Dimana, sekitar 10 meter trotoar pavingnya mengelupas. Akibatnya warga tidak berani melintas di sana.

Pantauan di lokasi,Senin (25/1/2016),  luapan air tampak dipicu oleh  tersumbatnya saluran air dibawah trotoar oleh sampah. Karena tumpukan sampah tersebut membuat air meluap ke jalanan dan merusak trotoar. Karena tekanan air begitu kuat, paving yang mulai termakan usia ini mengelupas. Di sejumlah lokasi, juga terlihat tumpukan sampah sehingga sewaktu-waktu bisa menyebabkan banjir. Namun sayang sejauh ini, belum terliat upaya pemerintah untuk melakukan pengerukan terhadap got yangmengalami pendangkalan tersebut.

Menurut Made Simpen, salah seorang warga di Jalan Nusantara, dua hari lalu terjadi hujan deras yang mengakibatkan air meluap ke jalan. Dia menyebutkan, luapan air ini dipicu oleh tumpukan sampah di saluran drainase. “Hujan kawasan ini memang rawan banjir,”akunya.

Sementara secara terpisah Kadis PU Bangli Ida Bagus Wediatmika saat dikonfirmasi mengatakan untuk menangani masalah banjir dalam kota pihaknya telah membentuk tim penanggulangan banjir dengan tugas membersihkan saluran trotoar saat hujan. Permasalahannya, saat hujan banyak sampah nyangkut pada pipa PDAM dan kabel telkom yang melintang pada saluran. "Sudak kami koordinasikan namun belum ada tanggapan,"kata dia. Untuk itu, lanjut dia, tahun 2016 telah dianggarkan untuk melakukan kajian dan DED  saluran air hujan dalam kota untuk daya tampung  akibat sampah atau  penyempurnaan menajemen  saluran kota.ard


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER