Bangli Terima Gelontoran Hibah Dan BKK Badung Capai Rp 160 Miliar Lebih

  • 23 April 2024
  • 19:25 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1360 Pengunjung
Bupati Giri Prasta Bersama Bupati Sedana Arta saat meninjau pembangunan Bangli Sport Center tahan I dan penyerahan BKK, Selasa (23/4). SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Ribuan masyarakat Bangli antusias menyambut kedatangan Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta Selasa (23/4/2024). Kedatangan orang nomor satu di kabupaten Badung ini, bahkan langsung disambut juga Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Wakil Bupati I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli bersama jajaran Forkompinda Bangli dan sejumlah tokoh masyarakat se-kabupaten Bangli. 

Sesuai agenda, Giri Prasta ke Bangli untuk melakukan ground breaking (peletakan batu pertama) pembangunan gelanggang olahraga (GOR) Bangli Sport Center dan penyerahan Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Untuk diketahui, pembangunan Bangli Sport Center tahap I ini, didanai dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Kabupaten Badung sebesar Rp 30 miliar. Sementara acara penyerahan BKK secara simbolis dipusatkan di Alun-alun Bangli yang juga dihadiri jajaran Pemkab Badung, Forkompinda Bangli, Perbekel, Bendesa, Kelian adat dan kompenen masyarakat lainnya. Yang mana, Pemkab Bangli tahun 2024 menerima BKK sebesar Rp 70 miliar lebih dan hibah langsung kepada masyarakat sebesar Rp 90 miliar lebih. Sehingga total BKK dan hibah yang diterima kabupaten Bangli mencapai Rp 160 miliar lebih. 

Dalam sambutannya, Bupati Sedana Arta mengatakan Bangli Sport Center dibangun secara bertahap. Pada tahap pertama didanai dari BKK Badung sebesar Rp 30 miliar. Untuk menuntaskan pembangunan Bangli Sport Center diperlukan anggaran Rp 650 miliar. Nantinya akan ada berbagai fasilitas salah satunya lintasan atletik bertaraf internasional. "Di Bali belum ada lintasan atletik berstandar internasional. Dengan adanya fasilitas ini, lomba tingkat nasional maupun internaisonal bisa digelar di Bangli," ungkapnya. 

Tidak hanya itu, Bangli Sport Center juga dirancang multifungsi sebagai tempat konser dengan daya tampung 10.000 penonton. Dan, ini tentunya bisa menjadi sumber pendapatan baru untuk Bangli. "Bangli bisa jadi Kota Konser. Pendapatan dari pajak hiburan bisa kita dapatkan," kata bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini. Sementara itu, pembangunan Bangli Sport Center tahap I dikerjakan oleh PT Sanur Jaya Utama selama 240 hari kalender. 

Lanjutnya, tahun 2024 ini Pemkab Bangli mendapat BKK Badung sebesar Rp 70 miliar lebih. Dana tersebut dimanfaatkan untuk sejumlah kegiatan, mulai dari pembangunan Bangli Sport Center, kelanjutan penataan Sasana Budaya Giri Kusuma, balai kambang, penerangan jalan umum, penataan di simpang Catur, Kintamani dan sebagainya. Diakui Sedana Arta, BKK yang diterima kabupaten Bangli tahun ini diluar ekspektasinya. Sebab, jumlahnya begitu besar. "BKK sudah terbukti mempercepat pembangunan di seluruh Kabupaten di Bali termasuk di Bangli," ujarnya. 

Tidak hanya Pemkab Bangli, BKK Badung juga telah disalurkan langsung kepada desa adat hingga kelompok masyarakat (dadia) di Bangli dengan total mencapai Rp 90 miliar lebih. Dengan kata "BKK dari Badung tidak hanya tahun ini saja kita terima. Tapi sudah jauh berjalan dari tahun sebelumnya. Jika dihitung dari tahun 2019 jumlah BKK Badung ke Bangli mencapai Rp 200 miliar lebih," ucapnya. Untuk itu, Bupati Sedana Arta mengajak seluruh pihak bersinergi dan berkolaborasi untuk gerak pembangunan Bangli. 

Sementara Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta ditemui usai kegiatan menjelaskan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sudah diserahkan secara simbolis yang dananya sudah masuk ke bendahara keuangan pemerintah kabupaten Bangli. Berikutnya dana hibah juga sudah masuk ke rekening masing-masing, meliputi desa adat, dadia dan sebagainya. "Untuk kelanjutannya kami berkomitmen akan bertambah lagi. Kami akan bantu sepenuhnya," ujarnya. 

Bahkan pihaknya juga akan membantu mendorong pembangunan di Bangli. Komitmen tersebut disampaikan seiring dengan kian meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Bali melalui Bandara Ngurah Rai. Selain itu, Giri Prasta juga menegaskan sejumlah alasan lain membantu masyarakat Bangli. "Sesuai pendataan kami, banyak sekali masyarakat Bangli yang bekerja di kabupaten Badung. Sehingga ini juga merupakan wujud bakti kami, sesuai regulasi memberikan bantuan kepada masyarakat," ungkapnya. 

Lanjut dia, air di kabupaten Badung 70 persen bersumber dari kabupaten Bangli. "Sebagai wujud dari itu, kami memberikan bantuan kepada pemerintah kabupaten Bangli," jelasnya. Terlebih kata dia, Bupati Bangli bersama kalangan DPRD juga sudah berkomitmen untuk membangun Bangli secara bersama-sama. Tujuan untuk mempercepat proses pembangunan secara menyeluruh.

Terkait pembangunan Bangli Sport Center, kata Giri Prasta, sport center adalah satu kawasan yang didalamnya berbagai macam cabang olahraga ada. Dengan adanya sport center ini diharapkan bisa memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat. "Maka dari itu, kita awali dengan bantuan Rp 30 Miliar. Pada anggaran induk APBD tahun 2025 sampai 2026 kami akan naikkan. Buktikan saja nanti," pungkas Giri Prasta.ard/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER