Bupati Gede Dana Lakukan Pengecekkan Reservoir Air Telaga Waja

  • 07 Maret 2024
  • 21:30 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1569 Pengunjung
Bupati Karangasem I Gede Dana saat mengecek reservoar air Tekaga Waja di Desa Datah, Abang, sekaligus mencoba air bersih yang dialirkan ke rumah warga. sumber : ist/sd

Karangasem, suaradewata.com - Bupati Karangasem, I Gede Dana, didampingi Kepala UPT PAM Provinsi Bali, Ida Bagus Raka Surya Atmaja, Direktur PDAM Tirta Tolangkir Kab. Karangasem, Kepala Dinas PUPR Kab. Karangasem, Camat Abang, BPPW Bali (Balai Permasyarakatan Pemukiman Wilayah) secara bersamaan meninjau langsung lokasi tempat reservoir air Telaga Waja di Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (07/3/2024).

Pengecekkan dimulai dari mengecek volume air resevoir RD1 PAB RaD-Datah KAPT: 700 m³, dengan Volume tampung air bersih sekitar 100.000 liter untuk pemenuhan 80 pelanggan dengan pelanggan diperkirakan membutuhkan volume air sebanyak 1000 m³.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, Kamis (07/3/2024) menyampaikan, penampungan air ini diperkirakan dapat memanfaatkan secara menyeluruh dan terintregasi bertahap untuk pemenuhan dengan BAK penampungan akan terisi air kembali dari kapasitas mesin yang sudah memadai tinggal disambungkan dengan listrik. “Tidak seperti dulu menggunakan fasilitas berupa mesin yang memakai bahan bakar Solar yang merupakan bantuan Provinsi atas usulan dari Pemerintah Kabupaten Karangasem,” sebutnya.

I Gede Dana mengatakan pengecekkan ini dilakukan untuk bisa memastikan bagaimana teknis penyaluran pendistribusian pemanfaatan Air Telaga Waja dan bagaimana untuk teknis pengelolaannya dan pemliharaannya agar benar-benar terjaga terutama pemenuhan kebutuhan air baik di wilayah khsususnya di Kabupaten Karangasem.

Pengecekkan kemudian dilanjutkan ke Resevoir RD 2 dengan kapasitas tampung bekisar 200 m³. Setelah pengecekkan, Gede Dana dan rombongan selanjutnya berjalan kaki menuruni jalan sambil mengecek sambungan SR di rumah penduduk saluran air melalui keran PAM yang dipasang. “Tadi saya lakukan pengecekkan sambungan rumah dan airnya deras sekali, airnya juga bersih dan tadi saya sempat mencoba minum langsung airnya,” ujar Gede Dana.

Dalam kesempatan itu, Nyoman Sandi dan I Gede Karsa warga desa setempat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karangasem yang telah berupaya membantu untuk memudahkan warganya dalam memenuhi kebutuhan air. rls/nov/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER