BPS Buleleng Optimis 2024, Target IPS 2,60 Persen

  • 02 Februari 2024
  • 20:25 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1035 Pengunjung
BPS Buleleng dam SKPD lingkup Pemkab Buleleng Kamis, (1/2) di Ruang Rapat BPS Singaraja.

Buleleng, suaradewata.com - Indeks Pembangunan Statistik (IPS) adalah suatu ukuran yang menggambarkan tingkat kematangan kualitas penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) dan statistik sektoral, yang diharapkan dapat mengukur capaian penyelenggaraan  SDI dan data statistik sektoral di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional menargetkan pada seluruh Kabupaten/Kota untuk mencapai target IPS sebesar 2,60 persen pada Tahun 2024. Terhadap hal tersebut, BPS Kabupaten Buleleng yang sampai saait ini nilai IPS nya baru menyentuh 2,31 persen optimis mencapai target tersebut.

Komitmen itu dibahas BPS Buleleng bersama wali data dari pengampu SKPD lingkup Pemkab Buleleng yakni Dinas Kominfosanti bersama dengan DPMD Buleleng dan Bappeda Buleleng, pada Kamis, (1/2) di Ruang Rapat BPS Singaraja.

Kepala BPS Buleleng Made Bimbo Abdi Suardika menjelaskan terdapat 38 indikator penilaian IPS yang akan dinilai pada bulan April hingga Mei di tahun ini. 

"Dalam capaian pada tahun sebelumnya ada beberapa indikator yang harus diperbaiki, diantaranya faktor kelembagaan yang didalamnya mencangkup tentang  Standar Operasional Prosedur (SOP)." terangnya.

Sementara itu untuk tingkat desa, ucap Bimbo Abdi Suardika pihak BPS akan didukung oleh DPMD Buleleng dalam mengelola SID masing-masing desa, agar secara aktif mempublikasikan kegiatannya. 

"Untuk tahapan selanjutnya, BPS Buleleng akan kembali mengusulkan Dinas Kominfosanti dan Disdikpora Buleleng dalam mendukung Evaluasi Pembangunan Statistik Sektoral." pungkasnya. Sad/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER