KPU Bangli Gelar Simulasi Real Pemungutan Suara Pemilu 2024

  • 28 Desember 2023
  • 10:10 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1512 Pengunjung
Proses simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Bangli di TPS 24 di Dusun Kuning, Tamanbali, Bangli. SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Untuk memastikan persiapan dan menguji pelaksanaan tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Dusun Kuning, Desa Tamanbali, Bangli, Selasa (26/12/2023). Menariknya, simulasi ini dilakukan secara “real’ atau sebenarnya seperti pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU Bangli I Kadek Adiawan ditemui disela kegiatan menjelaskan, simulasi yang dilakukan untuk mengetahui estimasi waktu dalam proses pemungutan suara Presiden/Wakil Presiden, anggota DPD, DPR RI,DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten. "Dalam simulasi ini, kita undang dari badan ad hoc supaya mempunyai gambaran real proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS," ujarnya.

Dengan begitu, pada hari H (14 Pebruari 2024) mendatang, badan ad hoc yang akan memonitoring dimasing-masing TPS di Desa, mempunyai gambaran real. "Jika nantinya ada hal-hal yang tidak sesuai dilakukan oleh KPPS, bisa disampaikan oleh badan yang ikut dalam simulasi ini. Dalam simulasi ini, sekaligus kita ingin juga memastikan proses dan tata cara penghitungan suara,“ ujarnya. 

Lanjut Kadek Adiawan menambahkan, bahwasannya simulasi ini juga bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, penyelenggara Pemilu di tingkat Desa, Kecamatan, sehingga nantinya dapat menjadi acuan tentang pemungutan dan penghitungan suara sesuai Peraturan KPU (PKPU). “Simulasi ini kita lakukan senyatanya atau real agar dalam Pemilu nanti dapat digunakan sebagai pedoman Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selain itu juga sebagai uji coba kesiapan mereka. Nantinya kita akan sosialisasikan dalam bentuk Bimtek kepada KPPS setiap Desa/Kelurahan jika sudah dibentuk dan dilantik,”terangnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Kuning Ngakan Semarabawa menyampaikan dipilihnya TPS 24 di Dusun Kuning sebagai lokus simulasi karena satu TPS satu Banjar/Dusun sehingga memudahkan untuk mendatangkan masyarakat. Harapannya tentu dapat menambah wawasan kepada warganya serta petugas KPPS yang akan melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pada Pebruari 2024 nanti. “Kami berterimakasih telah mendapat kehormatan oleh KPU sebagai tempat dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, sehingga masyarakat kami, KPPS tidak ragu-ragu lagi melaksanakan pemungutan suara dan masyarakat yang tuna aksara bisa melaksanakan pencoblosan dengan sebaik-baiknya,” tandasnya. ard/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER