KPU Bangli Targetkan Perakitan 4.010 Kotak Suara Tuntas Dalam Tiga Hari 

  • 18 Desember 2023
  • 22:40 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1391 Pengunjung
Proses perakitan kotak suara di gudang KPU Bangli. SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Proses perakitan salah satu logistik pemilu tahun 2024, berupa kotak suara mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangli. Perakitan kotak suara berlangsung di dua lokasi dengan melibatkan belasan orang dan ditarget akan tuntas pada tiga hari mendatang. 

Hal ini diakui Sekretaris KPU Bangli, I Ketut Losen saat dikonfirmasi Senin (18/12/2023). Kata dia, untuk perakitan kotak suara dilakukan di dua lokasi yakni di gudang A dan gudang B yang berlokasi di lingkungan LC Uma Bukal Bangli. Untuk pelaksanaan perakitan melibatkan 18 orang. "Awalnya 30 orang, namun karena keterbatasan, maka perakitan kotak suara melibatkan 18 orang. Kita menargetkan proses perakitan sudah bisa selesai dalam waktu tiga hari mendatang," ujarnya.

Lanjut Losen, para tenaga perakit akan mendapat upah Rp 1.700 per kotak. Disebutkan pula, di gudang A menampung sebanyak 1.450 buah kotak suara untuk di dua kecamatan yakni Kecamatan Susut dan Tembuku. Sedangkan untuk di gudang B, menampung sebanyak 2.560 kotak suara untuk wilayah Kecamatan Bangli dan Kintamani. "Total kotak suara yang telah diterima oleh di KPU Bangli sebanyak 4.010 kotak. Setelah perakitan kotak suara akan tetap disimpan di gudang," ujarnya.

Lebih lanjut, setelah perakitan nantinya kotak suara juga akan dipasang label dan stiker untuk setiap surat suara. Disinggung terkait keamanan logistik pemilu terlebih saat ini musim penghujan, Ketut Losen memastikan jika logistik dalam kondisi aman. Lokasi penyimpanan memadai. "Untuk pengamanan, kotak suara nantinya akan dibungkus dengan kantong plastik agar tidak terkena air hujan," sebutnya. 

Sementara itu, untuk logistik pemilu yang sudah diterima baru 70 persen. KPU Bangli kini masih menunggu surat suara dan formulir. "Keseluruhan logistik yang sudah kita terima mencapai 70 persen, yang belum berupa surat suara dan formulir," bebernya. 

Ditambahkan pula, untuk pendistribusian logistik ke masing-masing kecamatan akan dilakukan bertahap. Untuk kecamatan Bangli, Susut dan Tembuku dilakukan H-1 pencoblosan. Sedangkan Kecamatan Kintamani dilakukan pada H-2 pencoblosan. "Di Kecamatan Kintamani medan cukup berat, dengan geografis perbukitan. Jadi pendistribusian perlu waktu lebih lama," pungkas Ketut Losen.ard/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER