Gerudug RSUD Tabanan, Bacaleg PDIP Jalani Tes Kesehatan

  • 27 April 2023
  • 20:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1709 Pengunjung
Sejumlah bacaleg dari PDIP Tabanan saat mengikuti tes kesehatan di RSUD Tabanan. Foto IST

Tabanan, suaradewata.com – Puluhan bakal calon legislatif (bacaleg) dari PDIP telah melakukan Medical Check Up atau tes kesehatan sebagai syarat administrasi dalam mengikuti kontestasi politik tahun 2024 mendatang. Puluhan kader partai banteng moncong putih ini menjalani tes kesehatan di RSUD Tabanan, Kamis (27/4/2023).

 

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejak pagi sejumlah bacaleg dari PDIP sudah mendatangi RSUD Tabanan untuk mengikuti tes kesehatan. Ada wajah-wajah lama (incumbent) dan ada pula wajah-wajah baru (new comer). Ada bacaleg yang akan bertarung di Kabupaten, Provinsi dan Pusat.

 

Kasubag Humas RSUD Tabanan, I Made Suarjaya menyebutkan ada 38 orang bacaleg yang menjalani tes kesehatan di RSUD Tabanan pada Kamis (27/4/2023). Dimana puluhan bacaleg ini menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan serta kejiwaan. “Tes meliputi kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkoba,” ujarnya.

 

Wakil Ketua DPC PDIP Tabanan sekaligus LO DPC PDIP Tabanan, I Gusti Nyoman Omardani mengatakan bahwa Kamis (27/4/2023) ada 38 orang bacaleg dari PDIP Tabanan yang menjalani tes kesehatan di RSUD Tabanan. Dimana 38 orang ini merupakan bacaleg yang akan bertarung ditingkat kabupaten. "Sebenarnya ada 40 orang, tapi ada yang tes kesehatan kemarin di RSUD Tabanan 1 orang dan di RS Bali Mandara 1 orang,” terangnya.

 

Namun diluar 38 orang bacaleg ditingkat Kabupaten, juga ada bacaleg di tingkat Provinsi dan Pusat yang melakukan tes kesehatan di RSUD Tabanan yakni I Made Urip dan I Ketut Purnaya. “Jadi sesuai pleno sudah semua menjalani tes kesehatan, termasuk mengurus SKCK juga kemarin sudah semua secara kolektif," sebutnya.

 

Ditambahkannya jika persyaratan administrasi sudah hampir rampung dan tinggal melakukan penginputan data di aplikasi Silon. Hanya saja pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk dari DPP untuk tindak lanjutnya.

 

Sementara itu, Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa menjelaskan bahwa pihaknya tidak menjadwalkan untuk tes kesehatan terhadap bacaleg. Namun tentunya para bacaleg ini harus mengantongi seluruh syarat administrasi dalam pencalonan saat pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 hingga 14 Mei 2023 mendatang.

 

“Tidak seperti Pilkada yang ada jadwal kesehatannya dari KPU. Untuk Pileg ini bacaleg melakukan tes kesehatan secara pribadi, ada yang mungkin tadi (melakukan tes kesehatan), ada juga yang baru tanya-tanya, karena memang masih ada waktu sampai pendaftaran dibuka,” paparnya.

 

Setelah pendaftaran dibuka, para bacaleg ini akan didaftarkan oleh LO masing-masing partai lewat aplikasi Silon. “Biasanya LO masing-masing yang akan mendaftarkan lewat Silon,” tandasnya.  ayu/yok

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER