CCTV di Pantai Canggu Akan Terealisasi Maret 2021, Masih Mengumpulkan Bantuan CSR

  • 12 Februari 2021
  • 18:50 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1673 Pengunjung
Suaradewata

Badung,suaradewata.com - Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Badung, I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra menyebutkan untuk pemasangan CCTV di Pantai Canggu akan terealisasi pada bulan Maret 2021. Karena tidak menggunakan APBD Badung, sehingga pihaknya masih mengumpulkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk merealisasikan CCTV di Canggu. 

"Mudah mudahan mungkin triwulan ke II sekitar bulan Maret ke atas. Karena APBD murni gak ada alokasi seperti ini, dan masih mengumpulkan CSR dan desa juga diharapkan ikut menunjang," kata Jaya Saputra saat ditemui di rumahnya Banjar Pikah Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Jumat, (12/02/2021).

Baca : https://www.suaradewata.com/read/202102110019/helm-raib-korban-lapor-polisi-perbekel-canggu-akui-pinggir-pantai-belum-terpasang-cctv.html

Kadis Kominfo Badung ini menuturkan, guna menunjang pengadaan CCTV, diharapkan APBDes di Desa bisa mengalokasikan anggaran untuk pengadaan CCTV. Namun, meski dari segi pengadaan Desa mampu tetapi dari segi sistem belum maksimal. Sehingga kami ingin join dan melakukan pendampingan seperti apa sistemnya dibangun, sehingga tata kelola CCTV ini bisa satu pintu. 

"Jadi online bisa semua tercover, seperti di Canggu dan Tibubeneng bisa memantau,, tidak hanya di desa saja, di desa tentu ia, di kantor desa di desa adat dari Hp prajuru juga bisa dipantau," ujarnya.

Baca juga : https://www.suaradewata.com/read/202012220006/desa-pererenan-tinggi-gangguan-kamtibmas-kapolres-himbau-masyarakat-tingkatkan-kewaspadaan.html

Ia menerangkan, untuk tipikel CCTV di Pantai sangat berbeda dengan CCTV yang dipasang dirumahan maupun di gedung. Karena CCTV untuk di pinggir pantai harus tahan korosi, karena karatnya tinggi. Jika dihitung-hitung untuk biaya CCTV khusus di Pantai memang sangat mahal dan diperkirakan sampai puluhan juta satu CCTV. Karena CCTV yang bagus itu bisa dizoom sampai jarak yang jauh dan juga recordingnya bisa diatas satu bulan. Jika misalnya ada kejadian dua minggu lalu, recordingnya bisa masih tersimpan dan itu servernya harus bagus.

"Ndak CCTV rumahan, ndak mungkin masang CCTV tiap bulan rusak terus kan kasihan juga, lumayan sekitar puluhan juta satu CCTV, mudah mudahan sekitar bulan Maret terealisasi, jadi Canggu itu akan menjadi segala prioritas, kita jadikan rool model," terangnya.

Dalam pemasangan CCTV nanti, pemasangan tiang juga perlu diperhatikan. Sehingga tiangnya tidak merusak estetika pantai dan tidak banyak ada tiang di pinggir pantai. Misalnya banyak terpasang tiang CCTV dan tiang WiFi di pinggir pantai, sehingga kasihan pantai dirusak estetikanya. 

"Jadi kami masih mempolakan, sehingga dari segi estetika di lapangan satu perangkat yang ada itu bisa diisi beberapa alat alat IT dari berbagai jenis yang bisa memberikan pelayanan kepada kita, baik pelayanan keamanan CCTV monitoring dan sebagainya, baik itu pelayanan jaringan WiFi dan sebagainya," ujarnya.

Baca juga : https://www.suaradewata.com/read/202012230003/polisi-himbau-tempat-ibadah-agar-dipasangi-cctv.html

Ia pun menegaskan, jika CCTV sudah terpasang, diharapkan untuk operator di CCTV orang-orang yang bisa bertanggung jawab. Karena bisa saja digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Operator CCTV harus orang yang bertanggungjawab, jangan sampai disalahgunakan, karena bisa saja rekaman sekian detik dihapus, dan berpotensi untuk melakukan hal hal yang tidak diinginkan," tegasnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER