25 Persen Penduduk di Indonesia adalah Perempuan

  • 17 Desember 2019
  • 19:30 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1685 Pengunjung
istimewa

Denpasar, suaradewata.com - Herakan peringatan hari Ibu sangat penting mengingat lima puluh dua persen penduduk Indonesia adalah perempuan. Bahkan di Bali persentasenya lebih dari itu.

Demikian disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster pada acara Peringatan Hari Ibu ke-91 Provinsi Bali tahun 2019 di Gedung Citta Kelangen, ISI Denpasar, Selasa (17/12).

Gubernur Koster mengatakan peran ibu sangat menentukan dalam pembangunan bangsa Indonesia. “Jadi ibu-ibu ini punya peran kuat, baik sebagai subjek maupun objek pembangunan. Selama ini lebih dominan sebagai objek pembangunan,” ujar Gubernur asal Buleleng, ini.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk mendorong keikutsertaan para ibu dalam berkiprah menjalankan agenda pembangunan secara aktif. Termasuk dalam mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali untuk mengembalikan tatanan Bali yang harmonis.

Kata Gubernur perlu ada terobosan mengingat selama ini perempuan Bali identik dengan ibu rumah tangga, mengurus dapur dan mengurus anak.

“Sekarang era sudah maju, sesuai dengan paradigma yang ada sekarang, maka perempuan di Bali ini harus betul-betul diberdayakan secara optimal,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster mengatakan,  peringatan 91 tahun perjuangan dan tonggak pergerakan kaum perempuan Indonesia ini menjadi momentum untuk mengingatkan kembali bahwa peran penting kaum Ibu tidak hanya di ranah domestik, namun juga di ranah publik.

Bunda Putri juga menggambarkan peran ayah dan ibu ibarat sayap yang harus selalu seimbang agar bisa terbang dengan optimal. “Begitulah ibaratnya, berdayakan kaum perempuan, berdayakan ibu-ibu kita semaksimalnya," ungkap Bunda Putri.

Ketua Panitia Peringatan Hari Ibu ke-91 Provinsi Bali, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali, Luh Ayu Aryani mengatakan serangkaian peringtana Hari Ibu sudah dilakukan berbagai kegiatan. Seperti penyerahan sembako untuk 900 lansia dan difabel, bincang-bincang perempuan, jalan sehat keluarga dan edukasi siswa.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER