Pohon Sawo Kecik Berusia Ratusan Tahun di Puri Gianyar Tumbang

  • 18 Februari 2018
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 4316 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Batang pohon sawo kecik yang tumbuh di areal Puri Gianyar sebelah barat, tiba-tiba tumbang, Minggu (18/2) sekitar pukul 15.50 wita. Beruntung tumbangnya pohon yang berusia ratusan tahun ini tidak menimpa bangunan di sekelilingnya.

Bupati Gianyar, AA. Gde Agung Bharata sesaat setelah menghadiri Deklarasi Kampanye Damai di Lapangan Astina Raya, langsung meninjau reruntuhan pohon yang ditanam saat Raja Gianyar terakhir yakni Raja Manggis ke VIII sekitar tahun 1896 ini. Dikatakannya, pohon sawo dengan buah kecil-kecil ini memang menjadi ciri khas pohon yang ditanam di area halaman Kerajaan. Tak hanya di Bali, hampir di setiap halaman kerajaan (keraton) di Indonesia ada pohon sawo kecik. “Usia pohon sudah tua dan juga lapuk, jadi tidak kuat setelah kena angina dan hujan. Namun dibawahnya sudah tumbuh dua generasi baru pengganti pohon yang tumbang,” jelas tokoh Puri Gianyar ini.

Jika dikaitkan dengan kepemimpinan, pohon ini seakan isyarat menjelang lengsernya ia menjabat sebagai Bupati Gianyar. “Lalu, penggantinya sudah ada yang baru,” jelasnya. Dua pohon yang baru tumbuh itu, dianggap sebagai regenerasi. “Aneh juga, seharusnya bibit baru tumbuh di sekitar buah sawo itu jatuh atau di area kanopi pohon. Tapi pohon yang baru justru tumbuh dekat batang,” ujarnya.

Untuk membersihkan pohon tumbang dilakukan tim URC dari BPBD Kabupaten Gianyar. Beruntung saat terjadi pohon tumbang tidak menimpa bangunan yang ada di sekitarnya, padahal posisi tepat berada di tengah 4 bale pesandekan. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER