Waspada Bencana, Satgas TMMD Berikan Pelatihan

  • 11 Oktober 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2771 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Akhir bulan ini, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan. Selain waspada dengan status awas gunung Agung, kini muncul hujan yang menyebabkan sejumlah daerah rawan mengalami longsor. Mengantisipasi musibah tersebut, Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-100 menggelar sosialisasi tentang penanggulangan bencana alam di Balai Banjar Tegal Payang Desa Pupuan Kecamatan Tegalalang Kabupaten Gianyar. Sosialisasi menggandeng Badan Pennggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, pada Rabu (11/10).

Kegiatan yang antusias diikuti sekitar 125 orang warga Banjar Tegal Payang diisi oleh pemateri Dewa Anom Subaga selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Gianyar. Dari pihak Satgas TMMD hadir, Mayor (Arm) Putu Arimbawa. Dalam penyampaiannya kepada ratusan warga, bahwa bencana alam merupakan kejadian yang tidak bisa diduga. 

"Sehingga perlu kewaspadaan agar meminimalisir korban jiwa bila sampai terjadi bencana," ujar Dewa Anom. Pemateri memberi contoh yang terjadi saat ini pada masalah erupsi gunung Agung. 

Masyarakat sudah diungsikan ke wilayah yang relatif aman sebagai langkah meminimalisir korban bila terjadi letusan gunung Agung. "Namun pada sisi lain terkait bencana kepekaan terhadap lingkungan disekitar kita perlu ditingkatkan," imbuhnya.

Maka perlu pelatihan menangani apabila ada korban bencana alam. "Apabila ada tanda tanda bencana alam kita harus cepat bertindak seperti memukul kentongan atau pun sarana lain untuk memberikan tanda adanya bahaya atau bencana agar warga cepat dapat menyelamatkan diri ke tempat yang aman," terangnya.

Sementara itu, di posko Sutasoma, pengungsi masih bertahan sebanyak 727 jiwa. Untuk di Gianyar, total pengungsi mencapai 12.688. Untuk mengusir jenuh, pengungsi terus dihibur. Berdasarkan jadwal yang tertera di papan pengumuman posko Sutasoma, hingga akhir pekan ini akan ada pemuteran film pendek. Juga kegiatan menggambar dam mewarnai. Lalu pada akhir pekan nanti akan ada hiburan bondres. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER