Kopi Kintamani Tembus Istana Presiden, Bupati Dorong Pengembangan Agro Wisata

  • 15 Agustus 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3087 Pengunjung
istimewa

Bangli, suaradewata.com – Masyarakat Bangli khususnya para petani Kopi di Kintamani patut berbangga. Sebab, kopi Kintamani yang mempunyai citarasa yang khas ini, kini mampu bersaing dengan kopi unggulan lainnya di Indonesia. Terbukti, kopi Kintamani kini tembus ke istana kepersidenan RI dan akan menjadi suguhan bagi tamu kenegaraan mulai dari tanggal 15 Agustus hingga 17 Agustus 2017, serangkaian Peringatan Hut RI ke-72. Selain itu, Bupati Bangli I Made Gianyar dipastikan juga turut diundang ke istana kepresidenan, lantaran pretasinya yang memperoleh penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk kawasan Indonesia Timur dan prestasi pengolahan Kopi Kintamani.

Hal ini disampaikan langsung Bupati Bangli, I Made Gianyar didampingi Sekda Bangli IB Giri Putra, Selasa (15/08/2017). Disampaikan, selain dirinya yang diundang ke istana kepresidenan serangkain peringatan Hut RI ke-72, Lurah Kubu yang mendapat juara satu dalam lomba kelurahan di Propinsi Bali serta sejumlah tenaga  kesehatan Bangli juga turut diundang. “Sudah saatnya Bangli berkibar,” tegasnya.

Disampaikan, keberhasilan Kopi Kintamani menembus istana Kepresidenan, tak lepas dari pengolahan yang dilakukan di Pabrik Kopi Mengani. Disampaikan, saat Kepala Staf Kepresidenan berkunjung ke Pabrik Kopi Mengani yang bersangkutan dengan blak-blakan menyampaikan rasa kesemsemnya terhadap keunikan citarasa Kopi Kintamani. Selain itu, dalam pengolahannya, Kopi Kintamani mampu diolah menjadi berbagai jenis sajian yang menarik. “Saat ini, Pabrik Kopi Mengani telah mampu mengolah kopi Kintamani menjadi bebagai jenis. Mulai dari es krim kopi hingga wine kopi. Selain itu, bagian kulitnya yang banyak mengandung protein juga mampu diolah menjadi briket dan daunnya bisa sebagai sayur mayur,” terang Bupati Made Gianyar.  

Lantaran berbagai keungulan yang dimilikinya itu, majalah Lion Air secara khusus juga telah datang ke Pabrik Kopi Kintamani Mengani untuk mengulas keunikan Kopi Kintamani. Dengan begitu, pihaknya berharap,  nantinya Kopi Kintamani akan semakin berkibar hingga tembus kepangsa pasar dunia  sehinga kedepan mampu memberikan kesejahteraan bagi para petani.

Untuk semakin mendorong berkembangnya Kopi Kintamani, Bupati Made Gianyar juga mengaku Bangli membuka diri terhadap kedatangan investor yang mau mengembangkan kawasan agro wisata di Kintamani. “Untuk mendukung perkembangan kopi kintamani dan pariwisata Bangli, tentunya kita juga mendorong agar investor bisa masuk untuk mengembangkan agro wisata di kawasan Kintamani,” pungkasnya. ard/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER