Tutik Kusuma Wardani: Masyarakat Harus Bersaing Sehat Untuk Sukses

  • 14 Agustus 2017
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 3283 Pengunjung
suaradewata.com

Bulelengsuaradewata.com – Para wirausaha muda di kawasan  Bali Utara diharapkan bekerja keras dan mampu bersaing sehat untuk bisa meraih kesuksesan. Hal tersebut disampaikan Tutik Kusuma Wardani sebagai narasumber dalam Seminar Nasional Bertajuk "Nasional Pengembangan sektor UKM dan cara cerdas Memanfaatkan Peluang Menjadi Wirausaha Muda" dalam seminar yang digelar di gedung Mr.I ketut Pudja Ex Pelabuhan Buleleng, Senin (14/8/2017)

Seminar dihadiri sekitar 1000 mahasiswa serta pelajar di pada sejumlah universitas serta sekolah menengah di Buleleng.  Tutik selaku anggota DPR RI asal Buleleng mengharap hasil pertemuan tersebut dapat merangsang para generasi muda Buleleng  dalam berwirausaha.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 Wita tersebut turut dihadiri pengusahaan Sukses Asal Bali  yang juga selaku Ketua Dewan Pertimbangan APINDO  yakni Panudiana Kuhn. Tampak juga Ketua Kamar dagang Indonesia (Kadin) kabupaten Buleleng Gde Dharma Wijaya serta Kepala Kantor Bank Indonesi (BI) Perwakilan Bali, Causa Iman Karana.

Luh Ayu Liana Sari yang merupakan salah satu siswi dari SMK Populer di Buleleng yakni SMK Bali Mandara, sempat melayangkan pertanyaan terkait usaha-usaha yang menggunakan cara-cara tak baik seperti menggunakan pesugihan. Sebab, lanjutnya, masih ada dinamika yang berkembang di dunia usaha kecil bidang kuliner.

Menurutnya, dinamika persaingan usaha tidak sehat dibidang kuliner kerap kali muncul saat mulai ramai konsumen. Sehingga, diharapkan ada semacam bentuk lembaga kontrol atas tindakan persaingan usaha tidak sehat seperti penggunaan pesugihan.

Pada kesempatan yang sama, Panudiana menyampaikan bahwa banyak peluang usaha di Bali sangat berpotensi. Banyaknya pilihan peluang usaha tersebut menuntut para wirausaha muda untuk kreatif dalam mengeksplorasi peluang yang bagus. Beberapanya disebutkan adalah peluang usaha bidang lingkungan seperti bidang pertanian.

Disisi lain, Causa Iman Karana menambahkan potensi usaha dibidang usaha pariwisata yang juga menjadi salah satu peluang besar di Bali. Hal tersebut disampaikan terkait masih banyak peluang usaha turunan yang masih bisa dieksplorasi oleh para wirausaha muda.adi/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER