Terbentur Anggaran, Pembangunan Tiga Jembatan Di Bangli Terpaksa Ditunda

  • 01 Agustus 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 2900 Pengunjung
suaradewata.com

Banglisuaradewata.com – Rencana pembangunan tiga  jembatan di sejumlah wilayah di Kabupaten Bangli tahun 2017 terksa ditunda. Pemicunya, lantaran terbentur anggaran yang terbatas. Tiga  jembatan yang  tertunda  pembangunannya  yakni, jembatan yang menghubungkan Dusun Metro Desa Yangapi  menuju Dusun  Kedui, Desa  Tembuku. Jembatan penghubung Desa Gunung Bau, Kintamani  tembus  Desa Binyan, Kintamani  dan pembangunan jembatan Gunung Kunyit tembus  Kintamani.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Bangli, I Made Soma  saat dikonfirmasi Selasa (01/07/2017), mengakui kondisi tersebut. Disampaikan, sejatinya  rencana pembangunan tiga jembatan tersebut  sudah dirintis sejak lama. Bahkan untuk DED  telah  dirancang. “Namun karena terbentur anggaran rencana pembangunan ketiga jembatan tersebut harus tertunda tahun ini,” jelasnya.

Disampaikan, untuk jembatan yang menghubungkan Dusun Metro tembus Dusun Kedui  dengan bentangan sepanjang hampir 50 meter  memerlukan anggaran sebesar Rp 6,6 Miliar lebih. Sementara anggaran yang tersedia hanya Rp 3,5 Miliar lebih.  Akibatnya masyarakat sekitar terpaksa membuat jembatan darurat dari bahan bambu sebagai akses jalan untuk bisa menyebrang. Begitupula untuk pembanguan jembatan  yang menghubungkan  Gunung Bau  tembus Binyan, dari kebutuhan anggran  sebesar Rp 7,9 Miliar lebih yang tersedia hanya Rp 3,8 Miliar.

Sedangkan untuk jembatan yang menghubungkan  Gunung Kunyit tembus  Kintamani anggaran yang dibutuhkan  sebesar Rp 3,8 milair lebih, namun dana yang diplot  hanya sebesar 2,6 miliar. "Untuk membangun sebuah jembatan tidak bisa dilakukan  secara bertahap. Pembangunan jembatan harus  dikerjakan secara keseluruhan. Beda dengan pengerjaan kegiatan  jenis lainya," ujar  Soma. Meski demikian, lanjut Soma, untuk pembangunan fasilitas jalan menuju lokasi jembatan akan  tetap ditingkatkan  dengan space hotmik. "Untuk kegiatan  peningkatan jalan sudah masuk dalam tahap pelelangan,” pungkasnya.ard/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER