Koster Resmikan TK Negeri Berbasis Hindu di Gianyar

  • 08 Juli 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 4111 Pengunjung
suaradewata.com
Gianyar, suaradewata.com - Menjadi pintar memang penting, tapi jika tidak diimbangi dengan akhlak yang baik akan menghasilkan generasi yang arogan. Seorang anak sejak kecil harus sudah dibekali dengan pendidikan agama, budi pekerti maupun etika sehingga kelak menjadi manusia yang tangguh. Hal ini ditegaskan Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata saat launching Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berbasis Agama Hindu di Kabupaten Gianyar, di TK Hindu Tunas Wangi, Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Sabtu (8/7).
 
 
Bupati Agung Bharata menegaskan dengan adanya pendidikan usia dini yang berbasis Agama Hindu akan memudahkan anak-anak untuk memahami kepercayaaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa khususnya Agama Hindu secara berkesinambungan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Saat ini Kabupaten Gianyar baru memiliki 3 lembaga PAUD berbasis Agama Hindu, kedepannya akan dibentuk lagi di tiap-tiap kecamatan.
“ Bagaimana anak-anak bisa mengucapkan salam, sembahyang, ataupun belajar adat dan istiadat, itu semua nanti akan di ajarkan di PAUD dan tentu saja disesuaikan dengan kemampuan mereka dan diajarkan dengan cara yang dipahami oleh anak seusia mereka,” tegas Bupati Agung Bharata.
 
 
Hal yang sama juga ditegaskan oleh Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra. Menurutnya lewat PAUD anak-anak nantinya akan dikenalkan dengan pendidikan dasar tentang Agama Hindu, adat dan budaya yang berkembang di Bali. Menurut Wabup Mahayastra, hasil yang kita tanamkan dalam PAUD Hindu ini memang tidak bisa kita nikmati saat ini juga, namun beberapa tahun kedepan. Kita bisa bandingkan hasilnya, bagaimana mental seorang anak yang sejak kecil dibekali dengan pendidikan agama dan budi pekerti , dengan anak yang hanya mendapat pendidikan formal saja.
 
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, Drs. Made Suradnya menjelaskan saat ini di Kabupaten Gianyar baru terdapat 3 lembaga pendidikan PAUD berbasiskan Agama Hindu yaitu PAUD/TK Hindu Negeri Tunas Wangi Desa Bona Kecamatan Blahbatuh, TK Hindu Negeri Desa Batuan Sukawati dan TK Hindu Negeri Desa Bukian Payangan.
 
Sasaran dari PAUD berbasis Hindu ini adalah anak usia dini 0 – 3 tahun untuk PAUD non formal,  anak usia 4 – 6 tahun untuk PAUD formal atau taman kanak-kanak , tenaga pendidik, dan bagi orang tua dan masyarakat.  Lewat PAUD berbasis Hindu ini diharapkan mampu mengimplementasikan pendidikan kepercayaan berbasis Agama Hindu di Kabupaten Gianyar.
 
 
Pada kesempatan yang sama juga ditandatangani MOU perjanjian kerjasama antara Bunda PAUD Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra dengan Yayasan Rotary Denpasar dan Yayasan Green Lion , dalam upaya pengembangan PAUD di Kabupaten Gianyar.  Launching PAUD Berbasis Agama Hindu ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Komisi IX DPR RI I Wayan Koster didampingi oleh Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata, Wabup Made Mahayastra, Bunda PAUD Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra.
 
Untuk keperluan sarana dan prasarana PAUD, juga diserahkan bantuan berupa alat permainan edukasi (APE) indoor, APE out door, APE tradisional, SK Pendirian PAUD Hindu, perangkat PAUD dan pakaian adat untuk siswa dan guru PAUD. gus/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER