Akses Jalan dan Listrik Sempat Putus, Longsor Timbun Jalan Bangli-Trunyan

  • 09 April 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3630 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Hujan deras  disertai angin yang melanda wilayah Kabupaten Bangli, telah menyebabkan bencana tanah longsor disertai pohon tumbang terjadi dijalur Bangli-Trunyan. Akibatnya akses menuju desa tersebut terputus. Selain itu, jaringan listrik di dua desa yakni Trunyan dan Abang Batu Dinding juga sempat mengalami pemadaman.

Sesuai pantauan, Sabtu (08/04/2017),  longsor terjadi tepatnya dijalan tanjakan sebelum banjar Dukuh, Abang Batudinding. Menurut warga setempat, kejadiannya pada hari Jumat (7 April 2017) diperkirakan sekitar pukul 18.25 wita. Akibat bencana itu, arus lalin menuju Trunyan dan sebaliknya terganggu serta menyebabkan aliran listrik di Banjar Dukuh Desa Abang Batudinding dan Desa Trunyan sempat mengalami pemadaman total.

Untuk penanggulangan longsor tersebut, BPBD Bangli dibantu jajaran Koramil Kintamani, Dinas PU Bangli bersama masyarakat bahu membahu membersihan tumpukan material longsor tersebut. Dengan mengerahkan satu alat berat berupa loader, dalam hitungan satu setengah jam, arus lalin sudah kembali normal. “Untuk listrik yang sempat mengalami pemadaman klarena terjangan longsor disertai pohon itu, sudah ditangani oleh PLN. Sekarang kondisinya sudah normal,” ungkap Kasi Kedaruratan dan Losgitisk BPBD Bangli, I Ketut Agus Sutapa.

Diakui, bencana tanah longsor tersebut terjadi karena tinggi curah hujan sejak beberapa hari terakhir. “Saat kejadian, material longsor menutup sebagian badan jalan yang mengakibatkan arus lalin terganggu. Saat itu, hanya sepeda motor yang bisa lewat. Tapi sekarang kondisinya sudah normal,” tegasnya.  Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Meski demikian, pihaknya tetap menghimbau masyarakat ditengah cuaca buruk yang kemungkinan masih berpotensi terjadi hingga beberapa pekan kedepan, agar tetap meningkatkan kewaspadaananya akan tanggap bencana untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.ard/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER