Bangkitkan Pemuda Hindu, Peradah Gelar Pakemnas

  • 07 Februari 2017
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2451 Pengunjung
suaradewata.com

Denpasar, suaradewata.com - Pemuda sebagai ujung tombak pembangunan diharapkan bisa hadir memberikan kontribusi nyata  dalam kehidupan sehari-hari. Untuk merespon kondisi tersebut, Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah)  Indonesia  mendorong kebangkitan kaum muda khususnya di kalangan pemuda Hindu untuk ikut berperan serta. Pendidikan Kepemimpinan Nasional (Pakemnas), sebuah ajang nasional pertemuan pemuda Hindu se-Nasional akan dijadikan momentum untuk memformulasikan potensi pemuda di Bali.

“Pakemnas bertujuan untuk memformulasikan potensi pemuda untuk menjadi daya dorong,  mendukung kepemimpinan dan kemandirian,”kata Ketua II Panitia Pakemnas IX Peradah Indonesia I Made Ginardo S.Pd.H, Senin (6/2) di Denpasar. Pakemnas IX ini akan berlangsung pada 9-12 Maret 2017 mendatang di Denpasar. Setidaknya 300 ratus pemuda Hindu  yang terhimpun dalam Peradah di seluruh Indonesia akan berkumpul di acara tersebut untuk merumuskan kebijakan organisasi diberbagai tingkatan.

Ginardo, juga menguraikan kegiatan itu tak semata untuk membangun konsolidasi dan komunikasi antar kader Peradah Indonesia namun juga ikut berkontribusi membangun Bangsa dan Negara. Hal itu sesuai dengan tema yang diusung pada kegiatan tersebut yakni “Satya Bhakti Prabu: Bekerja dan Bekarya Melayani Sesama”

“Ada tiga kegiatan penting pada Pakemnas diantaranya sarasehan nasional, pendidikan kepemimpinan nasional dan bhakti sosial yang meliputi pengobatan gratis dan penghijaun,”kata  Ginardo yang juga Bidang Organisasi dan keanggotan Dewan Pipinnan Provinsi (DPP) Peradah Indonesia Bali tersebut. Dalam sarasehan nanti, topic pembahasan  fokus pada pariwsiata dan budaya yang menekankan pentingnya merawat dan melestarikannilai-nilai kearifan lokal  yang berkembang sebagai bagian dari sumber kekayaan bangsa. Pemateri dalam sarasehan nasional akan dihadiri oleh Prof. I Gede Pitana (Kementerian Pariwisata RI), Hilmar Farid, Phd (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan Komisi X DPR RI Dr I Wayan Koster.

Sementara, pendidikan kepemimpinan nasional memfokuskan pada pengembangan SDM kader-kader Peradah di Indonesia sehingga bisa menjalankan visi misi organissi sesuai dengan AD/ART. Sedangkan agenda bhakti sosial akan difokuskan wilayah Kabupaten Karangasem berupa pengobatan gratis dan penghijaun.

“Rencananya kegiatan ini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI bapak Jusuf Kalla,”tegasnya. Sementara itu Ketua DPP Peradah Indonesia Bali Ida Ayu Made Punamaningsih, S. Sos. H meminta kepad semua pihak ikut menyukseskan kegiatan nasional yang akan berlangsung di Bali tersebut. Apalagi, momentum untuk mempertemukan pemuda di seluruh Indonesia, kata dia membutuhkan persiapan yang matang. Ia berharap kepada pemerintah, pihak swasta, tokoh agama, budayawan dan pihak terkait ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. “Ini agenda pemuda Hindu Indonesia, namun wajib didukung oleh semua pihak entah tetua, tokoh, Pemerintah  dan para alumni Peradah,”harapnya. Rls/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER