Wabup Sanjaya "Menyatu" Dengan Masyarakat Dalam Ngaben Masal

  • 27 Juni 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2844 Pengunjung

Tabanan, suaradewatacom -Ngaben massal kian marak di Tabanan, ini juga dikarenakan karena adanya dewase ayu. Kali ini Sabtu, (27/06) kemarin, di Banjar Pekraman Manu Smerti, Dauh Pala Pengabetan, Tabanan, dilaksanakan ngaben massal, yang langsung disaksikan Orang nomer dua di Tabanan, I Komang Gede Sanjaya.

Sebagai Pejabat Pemerintah Sanjaya tidak lupa juga akan kewajiban mesima krama sebagai warga adat. Ini terbukti, saat Wabup ikut membaur, menyatu dengan masyarakat sekaligus menyaksikan Upacara Atiwa-tiwa di setra adat setempat. Didampingi oleh, Ny.Rai Wahyuni Sanjaya, Salah satu Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Camat dan Perbekel serta Tokoh Adat setempat.

Yang juga sering juga disebut dengan ngaben ngerit ini mengikutkan total 29 sawa, yaitu18 ngaben, 8 ngelungah dan 3 ngelangkir. Per-sawa ngaben dikenai biaya Rp.5 juta, ngelungah Rp.1,5 juta dan ngelangkir Rp.1 juta serta dalam pengerjaan upakara dan pelaksanaan lainnya melibatkan krama banjar secara gotong royong, jelas Nyoman Sarjana selaku ketua Panitia Karya.

Dia juga mengatakan, dengan kedatangan Wabup Sanjaya beserta undangan, semoga dapat memperlancar acara kami. Selain ngaben masal juga diadakan metatah masal dan melubulanin masal. "Kami sangat berterima kasih atas kehadirannya, semoga dengan doa yang tulus dari Bapak beserta undangan bisa memperlancar acara kami", pungkasnya.

Pelaksanaa upacara sangat baik sekali, ini menunjukan semangat persatuan dan kesatuan disini masih kental. Dalam pelaksanaan juga memakai azas gotong-royong selaras dengan tujuan dari Pemerintah. "Semoga dengan semangat persatuan dan kesatuan serta azas gotong-royong ini bisa menumbuhkan rasa saling memiliki, baik dengan krama adat setempat ataupun dengan Pemerintah", ungkap Sanjaya saat sambrawecana di setra adat setempat.

Disamping itu pula, kegiatan seperti harus rutin dilakukan demi menjaga serta menumbuhkembangkan rasa persatuan tersebut. "Semoga dengan dukungan dari Pemerintah bisa menjaga kebersamaan masyarakat disini dan selalu menyatu dengan Pemerintah menuju Tabanan yg lebih baik lagi", harap Sanjaya.

Selain menyaksikan secara langsung, Sanjaya beserta undangan menunjukkan wujud baktinya kehadapan leluhur dan masyarakat disana dengan ngaturin sarin canang yang diterima panitia.ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER