Tabanan Peringkat 4 Tersehat di Indonesia

  • 06 April 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3103 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com -Dari total 497 Kabupaten/Kota Kabupaten Tabanan menduduki peringkat empat dalam daftar Kabupaten/Kota tersehat di Indonesia tahun 2014. Hal itu berdasarkan hasil laporan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI 2014, tentang Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dr. Nyoman Suratmika, Senin (6/4) menjelaskan penilaian IPKM berdasarkan 30 indikator kesehatan yang terbagi atas 7 kelompok indikator penilaian, yakni Kesehatan Balita, Kesehatan Reproduksi, Pelayanan Kesehatan, Perilaku Kesehatan, Penyakit Tidak Menular, Penyakit Menular dan Kesehatan Lingkungan.

Kemudian untuk bobot, indikator dibagi lagi menjadi 4 unsur yakni,  besar dan luas masalah yang ada di masyarakat, dampak terhadap status kesehatan, kecepatan penanganan dan masalah kesehatan yang tidak bisa diselesaikan."Lingkungan yang sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan warganya, demikian pula dengan traveller yang datang ke Tabanan akan menjadi lebih nyaman," ungkapnya.

 Sementara Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, keberhasilan yang diraih Kabupaten Tabanan masuk empat besar Kabupaten tersehat di Indonesia merupakan suatu bukti bahwa masyarakat Tabanan sudah sadar tentang arti hidup sehat. Kebersihan lingkungan dan kesadaran warga untuk menerapkan pola hidup sehat perlu dipertahankan bahkan terus ditingkatkan. "Keberhasilan Kabupaten Tabanan tidak terlepas dari kesadaran warga bagaimana menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Dirinya menambahkan, komitmen Pemkab Tabanan untuk menuntaskan masalah kanker serviks di Tabanan ternyata mampu mengantarkan Kabupaten lumbung berasnya Bali ini menduduki peringkat empat Kabupaten tersehat se Indonesia. "Selain lingkungan yang sehat, masyarakat kita juga harus sehat. Mudah-mudahan komitmen kita untuk menuntaskan kanker serviks tahun 2020 bisa terealisasi karena penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu bagi kaum perempuan,"imbuhnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER