Tabanan Dikepung Pohon Tumbang

  • 22 Februari 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 7127 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com– Angin kencang yang melanda pulau Bali pada Sabtu, (21/2) lalu membuat bencana alam yakni pohon tumbang. Di Tabanan terjadi pohon tumbang di 15 titik yang tersebar di 8 kecamatan dari 10 kecamatan yang ada di Tabanan. Akibat bencana tersebut satu orang meninggal dunia, 1 orang luka berat dan 1 luka ringan. Selain korban jiwa, akibat pohon tumbang juga mengakibatkan kerugian material puluhan juta akibat bangunan yang rusak tertimpa pohon.

Dari data koran ini pada Sabtu, (21/2) pohon tumbang itu terjadi hampir disemua kecamatan di Tabanan. Mulai dari kecamatan Kediri, Marga, Penebel, Pupuan, Tabanan, Kerambitan, Selemadeg, dan Selemadeg Barat. Hanya dua kecamatan yakni Baturiti dan Selemadeg Timur yang lolos dari pohon tumbang. Pohon-pohon tumbang itu terjadi hampir secara bersamaan sekitar pukul 16.00 wita saat hujan lebat dan angin kencang melanda Tabanan.

Di wilayah Kecamatan Kediri 1 TKP:

Untuk dikecamatan Kediri, terjadi di Jalan Ngurah Rai, tepatnya di sebelah selatan apotik mawar Desa Banjar Anyar, Kediri pada pukul 15.00 wita. Saat itu sebuah pohon perindang jenis pohon besi tumbang ke jalan. Celakanya saat pohon itu tumbang dua buah sepeda motor vario sedang melaju di jalan tersebut. Yang pertama adalah I Made Ega Budi Gunawan,21 sedang mengendarai Vario warna putih DK 7297 HP dan membonceng I Made Putra Darmawan,21. Yang satunya yakni I Dewa Ayu Delianti,46 juga melaju dari arah utara engan Vario warna hitam DK 8984 HR. Saat melintas di TKP tiba-tiba pohon perindang jenis Pohon Besi yang ada di sebelah timur jalan (TKP) tumbang dan menimpa korban.

Akibat kejadian itu Putu Gede Ega Budi Gunawan asal Buruan, Penebel mengalami luka berat , patah pada tulang Leher saat ini sedang dirawat di BRSUD Tabanan. Lebih naas lagi Putra Darmawan asal Buruan Penebel, yang saat itu dibonceng Gunawan. Putra Darmawan meninggal dunia di TKP karena mengalami pendarahan di bagian Kepala. Sementara Dewa Ayu Delianti, Munggu, PNS asal Jalan Cendrawasih Gang XII No. 2 Tabanan mengalami luka ringan,lecet pada bagian kaki sebelah kanan.

Di wilayah Kecamatan Selemadeg Barat 1 TKP:

Di Selemadeg Barat sebuah pohon kelapa tumbang tepatnya di Banjar Surabrata, Desa Lalanglinggah, Selemadeg Barat pada pukul 16.00 wita. Pohon kelapa itu menimpa pondok milik korban milik Ni Wayan Sumarti, 55. Beruntung Sumarti bisa menyelamatkan diri, namun dia mengalami patah tulang pada tangan dan kaki kiri sehingga harus menjalani perawatan di BRSUD Tabanan.

Di wilayah Kecamatan Marga 2 TKP :

Pada jam yang sama yakni pukul 16.00 di wilayah Marga juga terjadi pohon tumbang di  DTW Alas Kedaton, Banjar Lodalang, Kukuh, Marga. Sebuah ranting kayu mengenai lampu belakang sebuah mobil yang sedang parkir. Beruntung saat kejadian mobil itu tidak ada orang sehingga tidak terjadi korban jiwa. Selain di Alas Kedaton di pohon tumbang juga terjadi di pura Pura Dalem Tungkub Banjar Umabian, Peken Belayu, Marga. Pohon tersebut menimpa tembok penyengker serta pelinggih siwa.

Di Wilayah Kecamatan Penebel 1 TKP :

Untuk di wilayah Penebel terjadi pohon tumbang di jalan turunan menuju Banjar Dinas Cacab Jangkahan, Biaung, Penebel yang mengakibatkn kabel listrik PLN putus dan pemadaman listrik sementara.

Di Wilayah Kecamatan Tabanan 5 TKP :

Di Kecamatan Tabanan pohon tumbang terjadi di Banjar Pangkung Prabu, Delod Peken Tabanan. Pohon tumbang di wilayah ini menimpa rumah milik Sugito,62. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun kerugian material akibat rusaknya rumah korban mencapai jutaan. Selain di Pangung Prabu, pohon tumbang juga terjadi di  jalan KS Tubun Tabanan di sebelah timur Polres Tabanan. Pohon ini tumbang melewati badan jalan sehingga menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas untuk beberapa waktu. Begitu juga di depan TMP Pancaka Tirta sebuah pohon akasia yang berada di depan TMP tumbang, beruntung tidak ada korban jiwa. Pada saat bersamaan pohon tumbang juga terjadi di jalan Arjuna Dauh Pala di depan rumah Wakil Bupati Tabanan, I Gede Komang Sanjaya. Di sini, pohon tumbang menimpa Mobil Hardtop DK 445 HE milik LSM Forkot. Sementara di Jalan Pahlawan juga terjadi pohon tumbang. Yakni dua pohon kelapa perindang tumbang kejalan. Beruntung nihil korban.

Di wilayah Kecamatan Selemadeg 1 TKP :

Di wilayah Kecamatan Selemadeg juga terjadi pohon tumbang, yakni pohon perindang yang berada di depan SPBU Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg. Pohon ini tumbang ke tengah jalan sehingga sempat mengganggu lalu lintas. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Di wilayah Kecamatan Kerambitan 1 TKP :

Di Kecamatan Kerambitan pohon tumbang terjadi di Banjar Delod Peken, Desa Timpag Kerambitan. Sebuah ranting pohon bengkel berdiameter 1,5 m yang berumur ratusan tahun menimpa 8 Pelinggih, Puri Agung, Piasan, Balai Gemblung Pura Batur Beranjingan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian akibat rusaknya bangunan pelingih diperkirakan mencapai Rp.300 juta. Selain itu pohon juga menimpa rumah milik I Gst Md Sutarya diperkirakan mengalami kerugian Rp. 10 juta.

Di wilayah Kecamatan Pupuan 3 TKP :

Untuk di kecamatan Pupuan terjadi pohon tumbang di tiga titik, yakni di Banjar Temusari Pajahan Pupuan. Sebuah pohon nangka milik Jero Mangku Darta tumbang menimpa rumah milik Nyoman Duita,45. Tidak jelas berapa kerugian akibat rumah yang rusak itu. Pasalnya pemilik rumah mengalami gangguan jiwa, sehingga aparat yang hendak melakukan pengecekan justru di marah. Selain di itu juga terjadi pohon tumbang di Banjar Tangis Desa Pajahan, yakni sebuah pohon Bunah milik Dewa Made Sastrawan,48 menimpa serambi rumah milik Ketut Sensen yang mengakibatkan 1 buah TV Merk Sharp dan serambi rumahnya rusak. Kerugian diperkirakan Rp.5.000.000. Selain dua titik di desa Pajahan pohon tumbang juga terjadi di Banjar Palisan Desa Bantiran Pupuan. Sebuah pohon tumbang menimpa kabel induk listrik mengakibatkan kemacetan dan tiang listrik miring 3 buah, kabel induk menyentuh tanah. Beruntung PLN segera melakukan penanganan sehingga tidak ada korban. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER