Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Umat Konghucu Doakan Keselamatan Bangsa

  • 19 Februari 2015
  • 00:00 WITA
  • Nusantara
  • Dibaca: 2938 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Ribuan umat Konghucu di Kabupaten Tabanan melangsungkan persembahyangan Hari Raya Imlek 2566 di Klenteng Kong Co Bio -  Wihara Darma Catra di Jalan Melati, Tabanan, Kamis (19/2).

Dalam doa mereka yang sebagian besar etnis Cina memohon keselamatan, kesejahteraan di tahun baru Imlek. Selain itu mereka juga memohon keselamatan untuk Bangsa Indonesia. “Doa kami di tahun Imlek ini diberikan kesehatan, keselamatan, termasuk bangsa dan negara yang kita cintai ini,” jelas Lim Surya Adhinata – Ketua Wihara Dharma Cattra, Tabanan.

Dijelaskanya, umat mulai berdatangan untuk melaksanakan persembahyangan dari  pukul 04.00 pagi hingga pukul 10 malam ini. “Tengah malam sebelum hari H  pukul 00.00 kami  melangsungkan persembahyangan yang dipimpin oleh tauke loucu,” terangnya. Biasanya kata pengusaha ini, di hari H Imlek manjadi puncak keramaian umat untuk memanjatkan doa. “Umat kita di Tabanan berjumlah sekitar 2000 orang” terangnya.

Rangkaian Imlek tahun ini diawali dengan bekerja bakti membersihkan areal dan kawasan Kong Co Bio – Wihara Dharma Cattra . “ Tiga hari sebelum hari raya, Kami  memersihkan altar yang ada di kong co bio,” terangnya. Selain membersihkan altar, pihaknya juga memasang beberapa hiasan imlek. Seperti memasang 200 lampion dan pernak pernik imlek lainya.
 
Puncak tahun baru Imlek menurut Lim Surya jatuh pada tanggal 5 Maret 2015. Yang disebut dengan perayaan Cap Gomeh. “Perayaan pucak tahun baru imlek bertepatan dengan hari  puranama tanggal 5 Maret mendatang,”jelasnya. Cap gomeh merupakan ulang tahun Yang Mulia Konco Tan Hun Cin Jin  (Tuhan) dan para sin bing ( dewa ) . “Pada perayaan Cap Gomeh akan kami gelar sembahyang Cisuak,” terangnya. Sembahyang Cisuak adalah sembahyang untuk menolak bala. “Sembahyang Cisuak ini kami gelar karena dalam tahun baru sio kambing. Sio kambing   merupakan sio yang paling besar memiliki unsur negative,” jelasnya. Selain menggelar prosesi upacara Cisuak, kekhasan Cap Gomeh di Tabanan adalah masakan yang disajikan berupa lontong Cap Gomeh. Lontong ini disajikan lengkap dengan kare ayam . “ Lontong Cap Gomeh setiap tahun kami hidangkan untuk  memperingati hari puncak tahun baru imlek,” terangnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER