Gandeng Pramuka, Komisi II Bersihkan Pantai Yeh Gangga

  • 08 Februari 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 5545 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com– Ketua Komisi II DPRD Tabanan, I Putu Eka Nurcahyadi melakukan aksi bersih-bersih di pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan. Dalam aksi bersih-bersih itu Eka Nurcahyadi menggandeng puluhan anggota  Gerakan Pramuka Barisan Tunas Bangsa, Kecamatan Marga dan Desa Pekraman setempat. Selain membersihkan pantai, Eka Nurcahyadi didampingi Yayasan Ekalauya juga menyerahkan tong sampah kepada prebekel Sudimara disaksikan bendesa adat yeh Gangga, Minggu, (8/2)

Ketua Pramuka Barisan Tunas Bangsa, Kecamatan Marga I Putu Mahardiana mengatakan pramuka barisan tunas bangsa baru saja terbentuk Januari 2015. Dengan anggota tidak saja dari siswa SD, SMP hingga SMA namun juga ada beberapa dari kalangan mahasiswa. Terkait dipilihnya lokasi pantai yeh gangga sebagai aksi sosial pertama gerakan pramuka barisan tunas bangsa kecamatan marga, menurutnya pantai yeh gangga merupakan salah satu pantai yang dipakai sebagai tempat upacara agama khususnya upacara melasti. “Sampah upacara terus akan ditemui di Pantai Yeh Gangga, Untuk menjaga kebersihan pantai dari sampah upacara maupun sampah kiriman. Maka kita gelar aksi sosial di pantai yeh gangga,” terangnya.

Sementara  Ketua Komisi II DPRD Tabanan I Putu Eka Nurcahyadi berharap aksi sosial ini tidak berhenti setelah kegiatan bersih-besih selesai. Namun harus berkelanjutan. “Adik-adik pramuka bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk terlibat langsung menjaga kebersihan alam, terutama kebersihan pantai,” jelas Eka Nurcahyadi.

Ditambahkan bahwa selama ini pantai di Tabanan memiliki dua fungsi. Selaian sebagai obyek wisata, hampir semua pantai juga dijadikan tempat upacara seperti melasti dan yang lainnya. “Melihat fungsi tersebut kebersihan pantai harus selalu dijaga oleh kita semua,” ucapnya. Selama ini pihaknya melihat, banyak pantai di Tabanan yang memiliki potensi keindahan yang luar biasa, namun lantaran tidak ditata dan dijaga kebersihannya kualitas pariwisatanya menjadi rendah. “Potensi pantai kita di Tabanan kalau dikelola dan dijaga kebersihannya sangat luar biasa, namun diperlukan peran serta semua pihak untuk menjaganya,” ucap Eka Nurcahyadi. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER