Kemenhub Dukung Pengembangan Wisata Kapal Pesiar

  • 05 Februari 2015
  • 00:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 6917 Pengunjung

Jakarta, suaradewata.com -Kementerian Perhubungan siap mendukung penuh Kementerian Pariwisata mengembangkan wisata kapal pesiar. Itu salah satu upaya memajukan sektor kemaritiman di Tanah Air.

"Kemenpar mendapat dukungan penuh Kemenhub untuk mengembangkan wisata kapal pesiar, salah satunya kapal layar yacht," jelas Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Rabu (04/02/2015).

Ia mengatakan dukungan itu merupakan wujud upaya sinergi antar kementerian mengembangkan wisata bahari (marine tourism), khususnya kapal wisata layar (yacht).

Apalagi selama ini, ujar dia, wisata kapal pesiar sangat potensial menarik para yachter dunia masuk ke perairan di Indonesia dan mendapatkan turis berkualitas dari sisi pengeluaran dan lama tinggal.

Ia mengatakan, dukungan Kemenhub dalam mengembangkan wisata yacht, antara lain mengembangan titik labuh kapal wisata (yacht) terkait perizinan lokasi serta pembangunan dan peningkatan kapasitas dermaga.

"Kemenpar telah mengusulkan kepada Kemenhub untuk membangun maupun meningkatkan kapasitas dermaga di 38 lokasi titik labuh yacht," papar dia.

Ia menambahkan, sebelumnya pihaknya bersama stakehoder pariwisata telah mengembangkan 18 rute lintasan kapal yacht dari Papua hingga Sumatera (Sabang).

Pengembangan rute lintasan itu, antara lain membuat event rally, race dan sail seperti Sail Raja Ampat, Sail Tomini, Darwin-Ambon Internasional Yacht Rally, dan Sabang Internasional Regatta yang diikuti para yachter internasional belayar dari Phuket (Thailand) kemudian singgah di Langkawi (Malaysia) dan berakhir di Sabang (Indonesia). bbn/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER