Dua Pohon Keramat Tumbang

  • 01 Februari 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3795 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Sebuah Pohon asem yang tumbuh di samping Pura Dalem Suralaga, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, dan pohon beringin yang tumbuh di depan pintu masuk Puri Anyar Kerambitan tumbang pada hari yang sama yakni Sabtu,(31/1) petang.

Robohnya pohon asem di Suralaga Abiantuwung menimpa sejumlah bangunan di Pura Dalem Suralaga. Genteng atap bale gong yang ditimpa pohon asem tersebut pecah berserakan. Kerugian yang ditaksir mencapai belasan juta rupiah. Sementara itu pohon beringin berusia ratusan tahun yang ada di depan Puri Anyar Kerambitan juga tumbang. Tumbangya pohon beringin tersebut mengakibatkan menur Bale Kulkul Pura Gria Saba patah. Satu tiang listrik juga patah akibat rohongan pohon beringin tersebut. Tumbangnya pohon yang dianggap keramat itu diduga lantaran akarnya lapuk sehingga tidak mampu menahan terpaan angin kencang saat itu.

Kapolsek Kerambitan Kompol Ketut Sujata dan Kapolsek Kediri Kompol Gelgel seijin Kapolres Tabanan membenarkan kejadian itu. Menurut Sujata, tumbangnya pohon beringin di depan Puri Anyar itu lantaran akarnya sudah lapuk. “Akarnya sudah lapuk, sehingga tidak kuat menahan angin kencang,” ucapnya. Dari kedua kejadian itu dipastikan tidak ada korban jiwa, namun kerugian material akibat tumbangnya kedua pohon yang menimpa bangunan itu diperkirakan mencapai belasan juga rupiah. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER