Galungan, Kunjungan Tanah Lot Tembus 13 Ribu Lebih

  • 19 Desember 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2691 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Seperti sudah di prediksi saat hari libur Galungan kunjungan ke Tanah Lot membludak. Seperti Galungan dan Manis Galungan, Rabu – Kamis, (17.18/12) kemarin kunjungan ke Tanah Lot tembus angka 13 ribu lebih. Jumlah kunjungan ini mengalami meningkatan sekitar 22,49 persen dari hari libur Galungan enam bulan lalu. Hal itu diungkapkan Manajer DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana Kamis, (18/12).

Menurut Toyo, kunjungan wisatawan ke Tanah Lot mulai melonjak sejak selama penampahan Galungan, Selasa, (16/12) lalu. “Untuk hari raya Galungan jumlah kunjungan tercatat 13.634 orang jumlah ini naik 22,49 persen bila dibandingkan Galungan sebelumnya hanya mencapai 11.131 orang,” jelasnya. Para pengunjung itu kata dia didominasi oleh wisatawan domestik luar Bali dan lokal Bali.  Wisatawan domestik yang dari luar Bali lanjutnya, datang secara berombongan dengan menggunakan bus dan berliburan khusus. Apalagi bertepatan dengan liburan sekolah. "Kalau manca negara hanya saat sore hari aja karena mereka menyaksikan berbagai ritual. Justru wisatawan domestik luar Bali yang banyak datang secara rombongan," bebernya.

Pihaknya memprediksi membludaknya pengunjung akan berlangsung sampai akhir bulan apalagi kata dia di Tanah Lot akan ada dua kegiatan keagamaan yakni pada tanggal 27 Desember 2014 akan ada piodalan di Pura Luhur Pakendungan. Dan piodalan di Pura Luhur Tanah Lot yang akan berlangsung dari tanggal 31 Desember 2014 - 4 Januari 2015. Persiapan untuk piodalan tersebut sudah mulai dilakukan mulai minggu-minggu ini. “Perkiraan kita dalam dua minggu mendatang Tanah Lot akan terus membludak baik yang ingin melakukan persembahyangan, maupun oleh wisatawan yang yang ingin menyaksikan proses persembahyangan,” ucap Toyo Adnyana. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER