Bantu Bedah Rumah, Sudikerta Rela Jadi Kuli Bangunan

  • 14 Desember 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4143 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com  -  Gaya blusukan tidak hanya milik Jokowi, Wakil Gubenur Bali I Ketut Sudikerta Ketua DPD Partai Golkar Balipun bisa melakukannya. Buktinya saat membantu bedah rumah milik Nyoman Astawa di Banjar Belimbing Anyar, Desa Belimbing, Pupuan, Tabanan Sudikerta ikut menjadi kuli bangunan, Minggu, (14/12).

Untuk sampai di rumah Nyoman Astawa wagub Sudikerta bersama tim FKPM (Forum Komunikasi Putra Mandara) harus menyusuri jalan tanah setapak sekitar 3 kilometer. Sesampai di lokasi, Sudikerta langsung mengambil perkakas jadi "kuli bangunan" dadakan berbaur dengan warga. Sesekali untuk menghilangkan hausnya Sudikerta tidak canggung-canggung menyeruput tuak manis dan ubi rebus yang disuguhkan warga. Sesuai rencana, bangunan rumah tersebut terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang dapur, 1 kamar mandi, dan teras yang sangat representatif untuk ukuran rumah layak huni. Bantuan bedah rumah itu merupakan bantuan pribadi Sudikerta yang prihatin melihat Nyoman Astawa tidak memiliki rumah yang layak.  "Kebersamaan perlu dibangun untuk mendorong agar semangat kesetiakawanan sosial di seluruh elemen masyarakat tetap terjaga," tukas Sudikerta.  Kata dia bantuan tersebut hanya bersifat stimulus, selebihnya peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengentaskan ketertinggalan.

Sementara itu I Nyoman Astawa tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih atas bantuan bedah rumah tersebut. "Saya berterima kasih atas kepedulian ini sehingga tidak menjadi beban setiap musim hujan karena gubuk bambu ini bocor," ucapnya.

Dipihak lain Perbekel Desa Belimbing Made Adi Suyana menjelaskan pihaknya mengusulkan 110 sasaran bedah rumah ke Pemprov Bali tahun 2014, namun baru terealisasi 10 unit. Beruntung Wagub Sudikerta secara pribadi turut ambil peran membantu bedah rumah sehingga target sasaran berkurang. "Model kepedulian seperti Wagub Sudikerta secara pribadi telah membuktikan kinerja yang merakyat dengan hasil kerja yang telah dirasakan oleh masyarakat," tandasnya. Setelah menyasar wilayah Tabanan dan Jembrana, tim bedah rumah Sudikerta bakal menggarap rumah keluarga kurang mampu di Desa Tista, Buleleng. Sebelumnya juga telah membantu bedah rumah di Kecamatan Selat, Karangasem. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER