Di Tanah Lot, Banyak Toilet Kumuh

  • 04 Desember 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4026 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Meski kawasan Tanah Lot sebagai kunjungan wisatawan dan berskala internasional namun pasilitas di kawasan tersebut masih banyak yang kumuh. Sebut saja toilet yang ada diwilayah tersebut jauh dari kesan higeinis, bahkan terkesan kumuh. Bahkan tidak jarang toilet yang ada di beberapa titik tidak diurus dan dibiarkan terbengkalai.

Dari pantauan koran ini, beberapa toilet yang berada di ruko-ruko sisi kanan kawasan tersebut banyak yang tidak terurus. Bahkan beberapa diantaranya ditutup dan dibiarkan begitu saja. Kontan saja hal ini membuat kawasan yang menjadi tujuan kunjungan wisatawan dunia itu terkesan tak terurus dan kumuh. Anggota DPRD Tabanan I Wayan Tamba dengan keras menyoroti keberadaan toilet yang tidak terurus tersebut. “Saya malah baru tahu, bagaimana ceritanya kawasan internasional toiletnya begitu, sangat kumuh dan jauh dari higenis,” tegasnya. Diapun meminta pihak pengelola segera melakukan pembenahan, agar kesan kumuh itu tidak mencoreng citra tanah lot yang sudah terkenal didunia. “Kami meminta, kawasan itu tetap dijaga, karena itu adalah jualan kita untuk meningkatkan PAD,” ucapnya. Pihaknya kemudian menyarankan agar pihak menajemen segera melakukan perombakan, karena kalau tidak akan mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Tanah Lot.

Hal yang sama diungkapkan anggota DPRD dari fraksi Golkar I Made Asta Dharma. Kata dia seharusnya kawasan Tanah Lot yang sudah mendunia tidak ada lagi masalah-masalah sepele seperti toilet yang tidak terurus. “Kami mendesak pihak pengelola segera melakukan pembenahan, untuk mempercantik kawasan tersebut,” ucapnya. Diapun menegaskan percuma pemandangan dan suasana alamnya yang tiada duanya kalau keberadaan toilet kumuh dan tak terururus. “Itu kan kawasan internasional, jadi sangat memalukan jika ada toilet-toilet yang tak terurus karena akan merusak pemandangan,” ucapnya. Diapun menyarankan, semua toilet di permak dan dipercantik, kalau perlu dibangun yang bagus dan berkualitas. “Kalau temboknya perlu pakai granit, pakai granit saja, tidak apa mengeluarkan biaya lebih, namun memberikan kesan yang nyaman, kawasan itu kan kawasan internasional,” ucapnya.

Terkait hal itu Manajer Tanah Lot, Ketut Toyo Adnyana berjanji akan segera melakukan evaluasi termasuk merenovasi toilet yang ada. Bahkan kata dia pihaknya kini sudah memasukkan anggaran untuk renovasi tersebut. “Saat ini kita tengah membangun gedung manajemen di belakang gedung lama, proyeknya sudah satu paket dengan renovasi toilet,” jelas Toyo Adnyana kemarin. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER