77 Napi Lapas Tabanan Dites Darah

  • 11 November 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1031 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Sebanyak 77 napi yang menghuni lapas Tabanan menjalani tes darah. Tes darah di titik-titik dengan faktor resiko tinggi (zero survey) ini dalam rangka memetakan kasus HIV di Bali dan menentukan prevelansi kasus. Zoro survey itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan Propinsi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tabanan, Selasa (11/7).

Pihak Dinkes Propinsi, Nyoman Subagia mengatakan zero survey yang dilakukan di Lapas Tabanan ini adalah kali kedua setelah sebelumnya dilakukan di Lapas Bangli. “program ini adalah program tahunan dengan menyasar 2.000 pemeriksaan darah,” ucapnya. Disasarnya penghuni lapas kata dia lantaran mereka tidak memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan VCT maupun CST secara bebas seperti masyarakat umum. “Karena keterbatasan penguin lapas itu makanya kita jemput bola dengan melakukan pemeriksaan,” tandasnya. Darah yang diambil dari penghuni lapas itu nantinya akan dikodekan dan jika ada hasil positif, maka akan diinformasikan ke Lapas untuk ditindaklanjuti. setempat sehingga bisa ditindaklanjuti dengan konseling dan pengobatan. "Identitas darah positif nantinya hanya akan diketahui konselor saja, untuk selanjutnya dilakukan konseling dan pengobatan," beber Subagia.

Sementara Kasi Penanganan Penyakit (P2) Dinkes Tabanan, Suparneca mengatakan kegiatan zero survey dulunya dilakukan Kabupaten Tabanan secara rutin. Hanya saja sejak dua tahun belakangan, kegiatan ini tidak dilakukan lagi karena tidak adanya dana. Meski demikian pihaknya mengaku melakukan upaya pencegahan dengan sosialisasi dan melatih Kader Peduli Aids. "Kader inilah yang melakukan pemantauan dimasyarakat, jika ada yang dicurigai, maka akan diarahkan untuk menjalani pemeriksaan," ujar Suparneca. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER