Hindari Kangker, Sekolah di Tabanan Dinilai

  • 11 November 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1275 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - Guna menanamkan pola hidup sehat serta menghindari bahaya kanker sedini mungkin Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Bali menggelar lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) program sekolah. Kali ini duta Kabupaten Tabanan ke tingkat provinsi Bali, yaitu SDN 2 Tangguntiti, SMPN 2 Selemadeg Timur dan SMAN 2 Tabanan. Ketiga sekolah tersebut dinilai oleh Tim Penilai PKTP Provinsi Bali, Selasa (11/11).

Ketua YKI Tabanan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya menegaskan tujuan dari PKTP program sekolah tidak lain untuk menanamkan pemahaman tentang pola hidup sehat serta menghindari bahaya kanker sedini mungkin. Dalam lomba ini pihaknya melakukan beberapa kegiatan seperti pelayanan IVA gratis, penyuluhan dan deteksi dini, PHBS, dan bahaya akibat merokok. Dimana sasaran kegiatan ini adalah, guru, siswa, komite dan pengelola kantin. "Pelaksanaan lomba penyuluh, simulasi, koor, PKTP dan adminstrasi, kami laksanakan di SMP Negeri 2 Selemadeg Timur. Untuk kantin dan lingkungan sehat disiapkan disekolah masing-masing,” jelasnya.

Sementara Ketua Tim Penilai PKTP Povinsi Bali yang diwakili oleh Wakil Ketua YKI Cabang Bali, Prof Swardana mengatakan penelitian di Indonesia maupun di dunia telah membuktikan bahwa 80 persen kanker paru disebabkan kebiasaan merokok. Di indonesia lebih kurang 76 persen penduduknya mulai merokok pada usia dibawah 25 tahun. Sehubungan dengan hal itu PKTP YKI mulai tahun 2006 diprioritaskan untuk program sekolah. "PKTP Program sekolah ini dilaksanakan dengan harapan pengetahuan tentang penyakit kanker dapat dimengerti dan diketahui sejak dini serta perilaku PHBS meningkat di kalangan murid dan mengimbas ke keluarganya masing-masing serta masyarakat sekitarnya,” harapnya. gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER