Partisipasi Masyarakat Diperlukan Dalam Menjaga Perayaan Natal dan Tahun Baru

  • 23 Desember 2015
  • 00:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 3025 Pengunjung

Opini, suaradewata.com - Waktu terus berputar, tidak terasatahun 2015 sudah hampir habis, perayaan Hari Natal 2015  sudah semakin dekat, masyarakat yang merayakannya bersuka cita  untuk menyambutnya. Penyambutan pelepasan akhir tahun2015 menuju awal tahun 2016  juga sangat dinantikan masyarakat disegala penjuru dunia. Masyarakat khususnya di Indonesia walaupun bergembira dalam merayakan pergantian tahun harus tetap  menjaga dan menjaga situasiagar tetap kondusif . Biasanya setiap akhir tahun  dinamika situasi keamanan  dan ketertiban di masyarakat,  akan meningkat yang memungkinkan  memicu terjadinya gangguan keamanan. Masyarakat  harus turut berperan aktif mendukung tugas aparat keamanan terutama dilingkungan masing-masing, Keikutsertaan masyarakat menjaga keamanan, penting untuk mempersempit niat orang yang hendak berbuat jahat. Kewaspadaan harus tetap dijaga, tetapi jangan juga terlalu berlebihan atau paranoid.

Kepala Kepolisian Sektor Tegal Barat Resor Tegal Kota, AKP Arianto Salkery SH, MH,  terkait perkembangan situasidan kesiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016, mengatakan perkembangan situasi saat ini memerlukan kewaspadaan bersama, karena  tidak menutup kemungkinan paham radikal  akan melakukan aksi yang dapat berdampak pada kondusifitas kamtibmas di masyarakat. 

Banyak tempat-tempat ibadah Gereja, Mall, Hotel dan tempat hiburan lainnya di Wilayah Tegal Barat  yang bisa menjadi sasaran para pelaku aksi tero. Oleh karenanya Polri bersama instansi terkait lainnya dalam Operasi Lilin Candi akan melaksanakan pengamanan rangkaian kegiatan natal dan tahun baru dengan menempatkan personel di Gereja-geraja.

Setiap pergantian tahun, selain menjaga ketenteraman dan ketertiban di masing masing tempat tinggalnya,  hendaknya masing-masing individu/orang dapat berintropeksi yang telah dikerjakannya dalam satu tahun terakhir supaya satu tahun kedepan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Apa yang dicanangkan pemerintahan Jokowi untuk merevolusi mental bisa dijadikan acuan untuk keadaan yang lebih baik. Dalam kehidupan sehari-hari, praktek revolusi mental adalah menjadi manusia yang berintegritas,mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong. 

Revolusi Mental  merupakan gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berhati  putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala, seperti gagasan revolusi mental yang pertama kali dilontarkan oleh Presiden Soekarno pada Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1956. Soekarno melihat revolusi nasional Indonesia saat itu sedang mandek, padahal tujuan revolusi untuk meraih kemerdekaan Indonesia yang seutuhnya belum tercapai.

Inilah ide dasar dari digaungkannya kembali gerakan revolusi mental oleh Presiden Jokowi.Jiwa bangsa yang terpenting adalah jiwa merdeka, jiwa kebebasan untuk meraih kemajuan. Gerakan revolusi mental semakin relevan bagi bangsa Indonesia yang saat ini tengah menghadapi tiga problem pokok bangsa yaitu; merosotnya wibawa negara, merebaknya intoleransi, dan  melemahnya sendi-sendi perekonomian nasional.

Dalam kehidupan sehari-haridan dalam menyambut tahun baru 2016, praktek revolusi mental adalah menjadi manusia yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong. Para pemimpin dan aparat negara harus menjadi pelopor untuk menggerakkan revolusi mental, dimulai dari masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L). Karena gerakan revolusi mental terbukti berdampak positif terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

Selain revolusi mental dalam menyambut pergantian tahun, toleransi antarumat  beragama juga harus dilakukan. Hal ini pernah dilakukan dan patut menjadi contoh , yaitu pada perayaan Misa Malam Natal di Kota Jayapura, Papua, Rabu 24 Desember 2014 malam, oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) setempat.  Ada sekitar 100 mahasiswa yang tergabung dalam HMI  turut membantu mengamankan pelaksanaan Misa tersebut. 

Ketua HMI Kota Jayapura Nasrul, mengatakan ada sekitar 6 anggota HMI yang dikerahkan untuk membantu polisi mengatur arus lalu lintas dan juga mengamankan Misa Malam Natal.  Dalam membantu pengamanan ini, pihaknya tidak diberikan imbalan oleh siapa pun.  Bantuan tenaga ini didasari niat tulus membantu umat nasrani agar dapat melakukan ibadah dengan baik. Ini juga bukti kami untuk mencerminkan kerukunan umat  beragama di Papua dan tetap menjalin komunikasi dengan semua umat ciptaan Tuhan.

Walaupun lelah, mereka   senang bisa ikut membantu dalam proses Misa Natal umat nasrani tetap berjalan lancar dan  berharap kerukunan umat beragama di Papua dapat ditiru oleh warga lainnya di Indonesia.  Menyayangi sesama manusia adalah hal universal, menolong orang lain tidak harus memandang latar belakang. Siapa pun berhak mendapatkan bantuan. Perbedaan keyakinan bukanlah rintangan. Tidak peduli dari mana mereka, dan latar belakangnya. Hal ini  harus menjadi perhatian masing-masing umat beragama.

Kita harus menyadari bahwa bangsa kita adalah bangsa yang majemuk. Tidak ada cara lain menghadapi kemajemukan itu kecuali membangun kebersamaan dengan saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Pentingnya persaudaraan dan toleransi agar kerukunan hidup antarumat beragama dan kerukunan antaragama terus tumbuh berjalan dengan baik. Mari  perkuat persaudaraan dan toleransi sesama anak bangsa untuk Indonesia yang sama-sama kita cintai.

Dengan perayaan Natal 2015 dan  Tahun baru 2016, di dalam kehidupan sehari-hari     kita harus bisa merepresentasikan revolusi mental dengan  menjadi manusia yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royongdalam menjaga situasi baik ancaman yang berasal dari paham radikal maupun dari orang-orang atau kelompok  yang tidak ingin Indonesia aman. Dengan adanya suasana yang aman, tenteram, dan damai maka  makin memperkuat bahwa  dalam kemajemukan dan keberagaman, segala perbedaan yang ada dapat dipersatukan untuk hidup rukun  bersama  menuju Indonesia yang baru seperti menyambut tahun baru 2016. 

Ahmad Rasid S.Sos penulis adalah pemerhati sosial 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER