Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Patung Okokan Kebanggan Warga Kerambitan Diresmikan

  • 09 November 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1740 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - Setelah tiga bulan pengerjaan, akhirnya Patung Okokan Tektekan diresmikan.  Patung kebanggaan masyarakat Kerambitan tersebut, diresmikan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Rabu (5/11) kemarin di depan Kantor Camat Kerambitan.

Ketua Panitia I Wayan Kantor mengatakan, pembangunan patung itu adalah hasil swadaya masyarakat yang pembangunannya didasarkan nilai lokalitas, dengan mengangkat kesenian okokan dan tektekan. Patung itu kata dia dibuat oleh putra daerah asal Kerambitan Nyoman Sudarwa asal Desa Penarukan, Kerambitan. "Semboyan yang kami angkat dalam pembangunan patung ini adalah spirit dan harmoni. Ini sebagai pengingat semangat kebersamaan kami telah tumbuh demi kemajuan Kerambitan kedepan," ungkapnya.

Patung Okokan Tektekan yang menjadikan ciri khas Kecamatan kerambitan dibangun langsung
Rasa bangga juga ditunjukkan Bupati Tabanan. Betapa tidak, kedatangan Orang nomor satu di Tabanan itu beserta rombongan disambut dengan tarian okokan dan tektekan. Tidak tanggung-tanggung, tiga seke asal Kerambitan diterjunkan untuk memeriahkan peresmian Patung Okokan Tektekan. Dirinyapun memberikan pujian akan sentuhan akhir dari Pematung Nyoman Sudarwa. Karena Patung Okokan Tektekan ini terlihat berkharisma dan bertaksu. "Hasilnya luar biasa. Saya sangat senang dengan hasil karya pematung Nyoman Sudarwa. Karena selain bagus, patung ini juga memancarkan taksu Bali," bangganya.

Bupati Eka juga menyatakan rasa terima kasihnya kepada semua elemen masyarakat Kerambitan karena secara swadaya telah berhasil membangun Patung yang menjadi ciri khas Kerambitan.
Patung ini akan menjadi identitas kecamatan serta menjaga kearifan seni dan budaya. Karena okokan tektekan khas Kerambitan telah terkenal hingga mancanegara. "Jagalah nilai kearifan lokal yang dimiliki. Karena jika bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga kearifan seni budaya yang kita miliki," katanya. gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER