Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gerak Jalan Lintas Kabupaten Memperingati Hari Infanteri

  • 16 Desember 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2140 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Memperingati hari infanteri ke-67, Kodim 1616/Gianyar melaksanakan upacara pemberangkatan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya. Gerak jalan tersebut mengambil tempat di lapangan Astina Gianyar, Rabu (16/12). Upacara dipimpin Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra.

Wabup Mahayastra, dalam membacakan amanat Panglima Kodam IX/Udayana menyampaikan, kegiatan ini adalah tradisi yang rutin digelar menjelang HUT Korps Infanteri. Bertujuan memelihara nilai kejuangan, dan kemanunggalan TNI dengan rakyat. ”Dan kebanggaan jiwa korsa sebagai prajurit Infanteri,”ucap dia.

Tak hanya itu, Wabup mengungkapkan, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mobilitas satuan berjalan kaki, dan ketahanan fisik perorangan, maupun peleton dalam peningkatan kualitas tempur pasukan. “Tujuan mulia ini, hendaknya diresapi seluruh prajurit yang tergabung dalam peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya. Dengan demikian, gerak jalan ini bukan sekedar menempuh jarak tertentu, melainkan terkandung tekad profesionalisme prajurit,”kata Mahayastra.

Wabup berpesan, terhadap seluruh anggota yang tergabung dalam peleton, untuk menjaga ketertiban selama perjalanan hingga tiba di tempat tujuan dengan keadaan selamat. Hindari sikap arogan, karena rute yang ditempuh berkaitan dengan fasilitas umum.”Tunjukkan jika korps infanteri adalah pasukan disiplin, pelindung masyarakat,”pungkasnya.

Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto Capah pada kesempatan ini menyampaikan dalam kegiatan ini penting  untuk menggugah semangat nasionalisme dan perjuangan pahlawan bagi generasi muda yang ditampilkan kepada masyarakat. Upacara peringatan Hari Infanteri  juga melibatkan organisasi kepemudaan seperti PPM, FKPPI dan Pramuka Saka Wira Kartika.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER