Gianyar Sabet Anugerah Daerah Berprestasi

  • 14 Desember 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2790 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com -Di penghujung tahun 2015, Kabupaten Gianyar kembali meraih prestasi di tingkat nasional. Bersama 7 provinsi, 48 kabupaten dan 11 kota di Indonesia, Kabupaten Gianyar meraih anugrah Daerah Berprestasi Penerima Dana Insentif Daerah Tahun 2016. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kala menyerahkan kepada beberapa perwakilan peraih penghargaan di Istana Presiden, Jakarta, Senin, (14/12).

Presiden RI Joko Widodo mengatakan, daerah penerima penganugerahan didasarkan kepada kriteria Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2014, minimal memperoleh opini wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelasan (WTP-DPP) dari BPK. Menetapkan Perda APBD Tahun 2015 tepat waktu dan memenuhi batas minimum nilai kinerja yang ditetapkan dalam penghitungan alokasi Dana Intensif Daerah (DID).

Presiden Jokowi menambahkan, penguatan kebijakan transfer Dana Insentif Daerah (DID) untuk memberikan reward kepada daerah yang mempunyai kinerja yang baik. Penghitungan alokasi DID berdasarkan kriteria utama dan kriteria kinerja. Kriteria utama penentu kelayakan daerah penerima penganugerahan ini, diukur dari opini BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2014 minimal Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Sedangkan kriteria kinerja diukur dari, kinerja kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah yang mencerminkan peningkatan kemandirian dan kualitas belanja APBD, kinerja pelayanan dasar publik yang mencerminkan kualitas pelayanan Pemerintah Daerah dibidang pendidikan, kesehatan, dan penyediaan air minum dan sanitasi, serta kinerja ekonomi dan kesejahteraan daerah yang mencerminkan perbaikan pertumbuhan ekonomi, pengurangan kemiskinan dan pengangguran, dan pengendalian inflasi. "Penghargaan ini untuk menginjeksi daerah - daerah yang berprestasi untuk lebih mempercepat lagi pembangunan. Setelah DID ini dibagikan agar segera dilaksanakan, Januari sudah mulai. Supaya perekonomian di daerah bisa bergerak lebih cepat," tegas Joko Widodo.

Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata mengatakan, penghargaan ini merupakan capaian yang sangat berharga di penghujung tahun 2015. Prestasi ini tak lepas dari dukungan seluruh komponen baik, pemerintah maupun swasta dan seluruh Masyarakat Gianyar. Namun demikian, Agung Bharata berharap semua jajaran pemerintah daerah tidak begitu saja puas dengan capaian ini, tetapi agar lebih meningkatkan lagi tata kelola keuangan dan tata kelola pemerintahan yang baik, khususnya pada sektor pelayanan publik. "Ini adalah prestasi bagi semua jajaran di Lingkungan Pemkab Gianyar. Namun demikian, saya harap tidak puas sampai disini saja, agar lebih meningkatkan lagi depan dengan program-program kegiatan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," terang Agung Bharata. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER