Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pengelolaan Air Yeh Gangga, Tembus Tiga Besar Nasional

  • 30 Oktober 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1029 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - Pengelolaan sarana air bersih layak minum Kelompok Gangga Pawitra Jaya, Pantai Yeh Gangga, masuk 3 besar nasional bersama Kulon Progo Yogyakarta dan Pulau Bintan, Riau. Untuk bisa menjadi yang terbaik, tim verifikasi pusat turun langsung ke Tabanan untuk melakukan penilaian. Rombongan diterima langsung Sekretaris Kabupaten Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa, Rabu (29/10).

Pengelolaan air bersih milik kebanggan masyarakat Yeh Gangga sendiri telah beroperasi sejak 22 Februari 2013 dan berhasil memproduksi air rata-rata sebulan mencapai 1.500 galon dengan omset Rp.10.500.000.

Ketua Kelompok Gangga Pawitra Jaya, Wayan Winda menjelaskan, untuk menjamin agar air bersih yang diproduksi dapat diminum dengan aman, air yang diberi nama water gangga ini juga telah menerima sertifikat layak higienis dari Dinas Kesehatan Tabanan. Sementara untuk promosi, diawali dengan membagikan secara gratis kepada masyarakat di Banjar Dinas Yeh Gangga. "Kami yakin, air yang kami produksi tidak kalah bersaing dengan air kemasan yang sudah punya nama dari dulu. Karena kesehatan dan kebersihan air yang kami hasilkan telah terbukti," ungkapnya.

Ketua tim penilai, Aris Kabul menyatakan apresiasinya karena Tabanan tiap tahun terus meraih penghargaan di bidang perikanan. Sebagai daerah pesisir, Tabanan telah teruji berkontribusi nyata meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Adapun kriteria penilaian tersebut, diantaranya indikator kelembagaan, kemitraan, pemasaran, swadaya masyarakat, sarana dan prasarana, administrasi, manajemen hingga keberlanjutan usaha. "Saya yakin pengelolaan air bersih milik kelompok Gangga Pawitra jaya ini, akan menjadi pelopor usaha kecil bagi penyedia sarana air bersih dipesisir dan pulau-pulau kecil," pungkasnya. gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER