Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Simulasi Kampung Siaga Bencana

  • 30 Oktober 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 754 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - Bencana alam bisa datang kapan saja dan dimana saja, karenanya butuh kesiapsiagaan serta kerjasama seluruh pihak agar tidak menimbulkan banyak korban. Untuk menanggulangi bencana, khususnya di daerah pedesaan, Dinas Sosial bersama Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan menggelar simulasi Kampung Siaga Bencana di Lapangan umum Desa Apuan Baturiti, Rabu (29/10) pagi.

Bupati Tabanan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Tabanan Wayan Yatnanadi  mengatakan  simulasi ini, merupakan langkah awal untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana tanah longsor pada saat musim hujan. Tujuannya guna meminimalisir timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. " Apuan dipilih sebagai lokasi simulasi, karena Apuan adalah daerah perbukitan serta rawan tanah longsor pada saat musim penghujan," ujarnya.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Tabanan I Gusti Ngurah Made Sucita mengatakan tujuan simulasi ini adalah untuk membangun kesiapsiagaan aparat dan masyarakat akan bahaya tanah longsor, mengingat banyaknya pembangunan dengan mengeruk tanah sehingga pada musim penghujan sering terjadi tanah longsor. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER