Ratusan Surat Suara Rusak Segera Dimusnahkan

  • 01 Desember 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 2649 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com – Jelang masa tenang, secara umum suasana jelang Pilbup Bangli relatif masih adem.  Padahal, KPU Bangli sudah siap-siap mendistribusikan logistik kepemiluan. Saat ini, logistik kepemiluan sudah masuk tahap loading, berupa pengepakan seluruh logistik pemilu kedalam kotak suara untuk segera didistribusikan ke masing-masing TPS. Selain itu, soal surat suara yang rusak yang ditemukan saat pelipatan dan kelebihan cetak brosur dari kandidat segera akan dimusnahkan.

Hal ini diakui, Ketua KPU Bangli Dewa Agung Gede Lidartawan, Senin (30/11/2015). Kata dia, sejauh ini belum ada kendala yang berarti dihadapi KPU Bangli. Soal ratusan surat suara yang rusak termasuk beberapa brosur dari kandiat yang mengalami lebih cetak dari rekanan  berupa flayer dan bahan kempanye, secepatnya akan dilakukan pemusnahan agar tidak menimbulkan polemic,” ungkapnya. Rencananya, pemusnahan akan dilakukan bersama panwas, dan polisi sehingga tidak ada lagi yang tidak sesuai dengan yang diperuntukaan. “Setelah semua logistic kepemiluan sudah seluruhya masuk kedalam kotak dan dirasa aman, maka barulah logistic yang lebih cetak dan mengalami kerusakan akan dimusnahkan,” ungkapnya.

Sementara guna memastikan jumlah kebutuhan logistic secara factual, KPU Bangli beserta PPS melakukan penghitungan dan pengecekan kembali jumlah logistic yang akan di masukkan kedalam kotak suara. Dijelaskan Lidartawan, seluruh logistic kepemiluan sudah berada di kantor KPU Bangli, dan sudah melakukan pembagian berdasarkan kecamatan yang ada di Bangli. Dirinya mengakui bahwa selama logistic tiba di KPU Bangli pihaknya sudah melakukan penyortiran terutama pada surat suara yang akan digunakan dalam pilkada 9 Desember mendatang. “ Pada saat pelipatan kita sudah melakukan penyortiran, setelah itu kita lakukan pembagian per TPS. Dan saat ini kita panggil PPS untuk melakukan pengecekan agar sesuai dengan kebutuhan,” paparnya.

Lebih lanjut Lidartawan menjelaskan bahwa jika dalam melakukan pengecekan terdapat kekurangan ataupun kelebihan jumlah kertas suara, KPU akan melakukan pengecekan kembali bersama PPS sehingga jumlah kertas suara valid. Sementara itu KPU Bangli mengklaim sudah melakukan empat kali penyaringan untuk mengantisipasi agar jumlah kertas suara tidak mengalami kekurangan ataupun kelebihan. ”Ada empat kali saringan yang memunggkinkan kita tidak lagi mengalami kekurangan logistic dilapangan,” tegasnya. Rencananya dalam empat hari kedepan semuanya bisa didalam kotak, dan pengirimannya akan difokuskan pada tanggal 6,7, dan 8 Desember mendatang.ard


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER