Dua Minggu di Australia, Tiga Siswa Berbagi ke Bupati

  • 14 Oktober 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1034 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com  – Tiga orang siswa Tabanan berkesempatan mengunjungi negara kangguru, Australia. Mereka terbang ke Australia selama dua minggu dalam rangka pertukaran pelajaran mengenai budaya dan pendidikan. Pulang dari Australia ketiga siswa tersebut berbagi pengalaman kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Selasa (14/10).

Kepada Bupati ketiga siswa tersebut yakni Ni Putu Leony Dian Lintang Sari dan Ni Luh Dela Gresita dari SMP Negeri 1 Marga dan Ni Nyoman Mia Riantini dari SMK N 2 Tabanan mengatakan mereka di Australia mementaskan kebudayaan Bali. Diantaranya Tari Puspanjali, menyanyi serta kolaborasi dengan siswa Australia. Selain itu, siswa dari Bali menjadi tamu khusus untuk mengikuti apel hari pahlawan, peringatan Bom Bali hingga berkesempatan untuk mengikuti sidang paripurna di Australia. “kami sangat senang mendapat perlakuan khusus dari Australia. Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut sehingga kebudayaan Bali dapat dipromosikan ke kancah internasional,” ungkapnya.

Salah satu Siswa, Leony mengungkapkan rasa bangganya dapat berkunjung ke Australia. Terlebih dirinya bersama rekannya yang lain dapat mementaskan tarian Bali dihadapan warga Australia. Selain kebudayaan, dirinya juga mendapat pelajaran, jika di negara kangguru itu, kebersihan menjadi hal yang sangat pening. Tidak hanya itu, air juga menjadi sesuatu yang sangat berharga dan mahal. “Kedisiplinan menjadi sesuatu yang sangat penting. Apa yang kami peroleh di Australia, akan kami sosialisasikan kepada teman-teman, sehingga Tabanan akan terkenal akan prestasinya,” ungkapnya.

Apresiasi yang setinggi-tingginya juga diungkapkan Bupati Tabanan. Dirinya menyatakan rasa kagumnya, karena siswa di Tabanan berkesempatan untuk mempelajari kebudayaan luar negeri dan mempertunjukkan kebudayaan Bali. Menurutnya, keberhasilan yang diraih para siswa di Tabanan, tidak terlepas dari peran serta semua pihak. Karena semakin bagus kualitas pendidikan maka semakin berkualitas pula sumber daya manusianya. “Pertama yang harus dibangun adalah mental anak didik. Karena jika mental diimbangi dengan sumber daya alam yang luar biasa, saya yakin di Tabanan akan tumbuh generasi muda yang berahlak mulia,” katanya. gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER