Kontingen Gianyar Juara I Lomba Napak Tilas

  • 21 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3444 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com – Kabupaten Gianyar tahun ini kembali meraih piala bergilir Lomba Napak Tilas Perjalanan Pasukan Ciung Wanara dan Serah terima Pataka Panji-Panji dan Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Kabupaten Gianyar mengalahkan kontingen Kabupaten Buleleng dan Badung yang masing-masing meraih juara II dan III. Hal ini terungkap pada peringatan Hari Ulang Tahun ke 69 "Puputan Margarana" di Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan (20/11). Piala diserahkan langsung Gubernur Bali Made Mangku Pastika kepada pasukan inti Pemuda Panca Marga (P2M) Kabupaten Gianyar.

Ketua P2M Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa P. menjelaskan Kontingen Kabupaten Gianyar kembali meraih juara dalam lomba Napak Tilas Perjalanan Pasukan Ciung Wanara dan Serah terima Pataka Panji-Panji dan Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Sebelumnya, Kabupaten Gianyar telah mampu tampil sebagai juara 1 dalam ajang yang sama tiga kali berturut – turut sehingga berhak atas Piala Bergilir menjadi Piala Tetap. “Total dari 7 kali penyelenggaraan Lomba mulai tahun 2009, Kabupaten Gianyar sudah 5 kali meraih juara yakni tahun 2009, 2010, 2011, 2014 dan 2015. “ terang Cok Rai.

Lebih lanjut Cokorda Gde Rai Widiarsa mengatakan kemenangan bukan hal utama namun penanaman nilai-nilai perjuangan ’45 dari pasukan Ciuang Wanara adalah tujuannya. Karena nilai tersebut tidak bisa diukur dari sebuah kemenangan, namun wujud nyata dengan menghargai dan melaksanakan nilai-nilai itu dalam masa kekinian. “Nilai-nilai perjuangan ’45 melalui napak tilas tidak bisa diabaikan harus ditanamkan di tiap-tiap jiwa warga negara Indonesia, khususnya warga Bali” Ucap Cok Rai.

Cok Rai  mengatakan penetapan Kabupaten Gianyar meraih Piala Bergilir Napak Tilas dan Serah Terima Pataka Panji – Panji dan Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai dan tampil sebagai Juara 1 atas beberapa indicator penilaian. Salah satunya, tingkat partisipasi dan dukungan masyarakat, para pelajar dalam penyambutan di sepanjang jalan dan tugu – tugu yang dilalui. Selain itu, pelaksanaan upacara Serah Terima Pataka Panji – Panji dan Surat Sakti juga mendapat penilaian. "Saya mewakili P2M mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah dan partisipasi seluruh komponen masyarakat Gianyar." ucap Cok Rai.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER