Penilaian Gudep Pramuka Duta Gianyar

  • 20 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 4144 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali melakukan penilaian lomba Gugus Depan (Gudep) Tergiat di Kwarcab Gianyar dengan menyasar tiga lokasi kegiatan di SD Negeri 1 Samplangan,  SMP Negeri 1 Gianyar  dan di SMA Negeri 1 Gianyar, Kamis (19/11).   

Lomba itu menyasar Gudep yang berpangkalan di masing-masing sekolah sebagai ujung tombak pembinaan kepramukaan yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas dan kepribadian generasi muda. Gugus Depan SDN 1 Samplangan  merupakan pusat pembinaan pramuka golongan siaga, SMPN 1 Gianyar  untuk pramuka penggalang dan SMA Negeri 1 Gianyar untuk pramuka penegak.

Ketua Tim Penilai Lomba Gudep Tergiat Kwarda Bali, I Made Dana mengatakan, ada 9 standar penilaian lomba  yakni keanggotaan, administrasi, standar pengelolaan Gudep, pembina, standar kegiatan Gudep, pencapaian SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus), sarana prasarana, kegiatan para pembina, prestasi gugus depan. Menurutnya, lomba ini dilakukan untuk menggambarkan aktifitas kegiatan kepramukaan  yang ada di Gianyar.  "Lomba ini dinamakan lomba Gugus Depan Tergiat, dengan tujuan agar Gugus Depan kita menjadi bangkit karena pramuka itu jiwanya ada digugus depan," katanya.

Sementara Ketua Harian Kwartir Cabang Gianyar, IGN Wijana menjelaskan, untuk menyambut tim penilai itu pihaknya sejak awal telah menyiapkan secara matang tiga gugus depan tingkat siaga, penggalang dan penegak. Diharapkan dengan lomba ini dapat meningkatkan berbagai aktifitas dan kreatifitas didalam membangun tunas-tunas bangsa melalui gerak-gerakan kepramukaan. “Kabupaten Gianyar telah mengupayakan berbagai aktifitas untuk memotivasi dan melibatkan semua gugus depan yang ada diwilayah Kabupaten Gianyar,” kata IGN Wijana. Selain itu berbagai akifitas kreatifitas dimasing-masing ranting telah dilaksanakan secara kontiyu di setiap ranting. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER