Bupati Tabanan Hadiri mendem Pedagingan di Bauriti

  • 07 Oktober 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1812 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com -Masyarakat Desa Pekraman Perean, Baturiti  melaksanakan upacara dewa yadnya Mendem pedagingan dan pemelaspasan Bale Peruman Saka Roras Pura Puseh Perean. Hadir menyaksikan persembahyangan tersebut Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Camat Baturiti Putu Adi Supraja,  SKPD terkait,  serta  tokoh-tokoh masyarakat   setempat, Selasa  (7/10).

Pelaksanaan upacara dewa yadnya yang digelar masyarakat Desa Perean  merupakan rangkaian telah rampungnya bale Paruman saka roras. Pura Puseh  Desa Perean  merupakan salah satu pura tri kahyangan di Desa Perean , dimana pura tersebut diempon oleh 561 KK dari 2 banjar adat, banjar penyucuk dan banjar perean.

Menurut Bendesa Pekraman Perean I Ketut Korban,  pelaksanaan mulam pedagingan lan mlaspas kali ini merupakan rangkaian telah rampungnya pembangunan bale paruman saka roras yang menghabiskan dana hingga Rp. 175 juta  dimana dana berasal dari sumbangan pemerintah dan bantuan dari para donatur. Dirinya menjelaskan setelah pelaksanaan upacara dewa yadnya ini, rencananya  akan memperluas lahan areal Pura Puseh demi kelangsungan aktifitas upacara kedepannya. Pujawali di pura puseh ini yang jatuh setiap  enam bulan sekali setiap Buda kliwon sinta, pagerwesi  (8/10) dan  khusus untuk besok nyejer selama 3 hari. Ketut korban juga menambahkan dalam pelaksanaan upacara dewa yadnya kali ini juga akan di lakukan pemlaspasan pasupati dan awig-awig baru, yang akan dijadikan pedoman bagi masyarakat kedepan, dengan begitu kebersamaan dan gotong royong masyarakat tetap terjaga, ujarnya”.

Pelaksanaan yadnya yang dilaksanakan masyarakat Desa Perean  mendapat apresiasi dari Orang Nomor Satu di Tabanan. Menurutnya, sebesar apapun upacara yang digelar akan terasa ringan jika dilandasi dengan rasa  tulus iklas, kebersamaan dan gotong royong. Tetap  menjaga koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah,jangan sampai terpecah sehingga setiap permasalahan dapat terselesaikan,  "Saya berterimakasih kepada masyarakat Desa Perean  atas rasa kebersamaan ini. Saya berharap modal dasar ini dapat terus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan demi mewujudkan misi Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi (Serasi)," ujar Bupati Eka. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER